Home / Blog / Tema Halaman Rumah yang Unik dan Mengesankan
25 views

Tema Halaman Rumah yang Unik dan Mengesankan

Dalam mewujudkan rumah impian, tidak hanya bagian bangunan esterior dan interior yang harus didesain, melainkan juga dengan halaman rumah. Pada halaman rumah, harus bisa disetting agar mampu memberikan tampilan yang dapat menjadikan pengunjung nyaman. Bagian halaman merupakan bagian dari rumah yang sering dianggap sebagai wajah rumah. Jika halamannya rapi dan indah, maka kemungkinan besar rumahnya pun juga akan rapi dan bagus.

Tema Halaman Rumah yang Unik dan Mengensankan

Halaman dapat didesain dengan berbagai tema atau konsep sesuai dengan keinginan pemilik rumah. Dengan memainkan berbagai elemen penyusun halaman, maka berbagai suasana pun dapat diciptakan. Tema yang klasik, modern, minimalis, mewah, dan sebagainya bisa diterapkan pada halaman. Namun demikian, alangkah baiknya apabila tema halaman juga dapat disesuaikan dengan desain rumah atau bangunan. Jika keduanya bisa disesuaikan, maka akan tercipta tampilan yang pas dan selaras.

Beberapa Tema Halaman Rumah

Berikut ini terdapat beberapa tema halaman yang bisa Anda jadikan referensi untuk mengatur halaman Anda agar lebih unik dan mengesankan:

1. Halaman Bertingkat

Tema halaman yang satu ini terbilang cukup unik, sebab halaman dibuat bertingkat dan terdiri atas beberapa lantai. Namun, tema ini hanya bisa diterapkan jika permukaan lantai rumah jauh lebih tinggi dari pada permukaan halaman. Untuk mempercantik tampilan halaman, pada setiap lantai bisa ditambahkan berbagai jenis bunga yang penuh warna. Selain itu, bagian tangga dan batas lantai bisa Anda cat dengan warna sesuai dengan keinginan Anda.

2. Halaman Penuh Bunga

Anda juga bisa menjadikan halaman penuh dengan bunga bermekaran nan cantik. Halaman bisa Anda jadikan beberapa petak kemudian Anda tanami dengan berbagai jenis tanaman hias. Kemudian, dari jalan umum menuju pintu rumah, bisa Anda buat jalan dengan pagar dari kayu. Pada bagian samping pagar juga bisa Anda tambahkan bunga, sehingga jalan menuju rumah Anda akan nampak penuh bunga yang sangat beragam.

3. Halaman yang Minimalis

Halaman yang minimalis bisa Anda jadikan inspirasi untuk mengatur dan menata halaman rumah Anda. Dengan desain minimalis, meskipun sederhana, halaman Anda akan nampak rapi dan elegan. Permukaan tanah bisa ditutupi dengan rerumputan yang lembut serta beberapa tanaman bunga yang rendah. Dua pohon yang berseberangan juga bisa menambah kesan rapi dan hijau pada jalan menuju pintu rumah Anda.

4. Halaman yang Luas

Untuk halaman yang luas, Anda bisa menghiasinya dengan rerumputan yang lembut. Jalan menuju rumah bisa Anda buat dari bebatuan atau cor yang halus. Pada bagian teras rumah, bisa Anda naikkan beberapa cm dari permukaan halaman. Beberapa pohon dan tanaman semak juga bisa digunakan untuk menghias halaman Anda agar nampak tetap asri dan menyegarkan. Namun, jangan sampai terlalu padat, sehingga kesan halaman yang luas, bersih, dan rapi akan tetap terjaga.

5. Halaman dengan Fasad yang Penuh Tumbuhan

Tema halaman yang satu ini akan sangat cocok untuk rumah dengan desain yang minimalis serta halaman yang tidak terlalu luas. Fasad bangunan rumah bisa dihiasi dengna tanaman yang menjuntai dari kotakan jendela. Tema seperti ini akan menimbulkan kesan yang lebih asri dan menyegarkan. Pemilihan jenis dan warna tanaman juga dapat berpengaruh terhadap penampilan halaman rumah Anda. Untuk hasil yang lebih ceria, beberapa tumbuhan yang penuh warna bisa ditanam di area halaman rumah. Anda hanya tinggal menyesuaikan warna tanaman dengan konsep warna teras atau dinding rumah Anda.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates