Home / Blog / Fase Proyek Desain Interior yang Wajib Diketahui
33 views

Fase Proyek Desain Interior yang Wajib Diketahui

Pasti kita pernah membayangkan tentang rencana pembangunan proyek rumah dengan desain interior sama layaknya yang muncul di acara-acara TV. Bukan hanya tentang dekorasinya, tetapi mungkin juga mengenai renovasi atau bahkan sampai rekontruksinya. Hal tersebut tentunya menjadi dambaan kita semua. Sebagaimana kita yang menginginkan proses perubahan pada setiap ruang yang mampu berjalan sesuai perencanaan yang disusun sebelumnya. Proses yang dapat diselesaikan secepat-cepatnya sehingga kita bisa langsung merasakan hasil desain rumah yang memuaskan. Tetapi ternyata kenyataan itu tidak semudah apa yang diharapkan, apalagi jika pengerjaan desain memiliki kerumitan yang tinggi. Belum tentu semua pekerja bisa melakukan desain interior yang sama dengan keinginan kita. Namun anda tidak perlu khawatir dan berputus asa, berikut fase proyek desain interior yang wajib diketahui.

Pemrograman

Tahap pertama yaitu tentang perograman. Dalam fase ini merupakan momen terpenting saat anda bertemu dengan desainer. Pastikan mereka adalah orang yang benar-benar ahli dalam proyek desain interior bangunan. Kita harus memperhitungkan tentang rencana desain interior rumah yang diinginkan. Jangan sampai apa yang kita ucapkan kepada desainer berbeda dengan apa yang dipikirkan. Hal tersebut akan mengakibatkan hasil yang kurang optimal. Desainer akan berusaha memahami maksud dan keinginan dari keseluruhan rencana proyek yang akan anda lakukan. Seharusnya tim desainer mengajukan banyak pertanyaan yang sesuai atau relevan untuk mendukung dan mendiskusikan rencana proyek tersebut. Karena semakin berkembangnya teknologi ,semua proses ini bisa dilakukan secara tatap muka maupun online. Melalui fasilitas ini akan menjadikan proses komunikasi berjalan dengan lancar dan rencana akan mudah dilaksanakan.

Pembuatan dan Pengembangan Desain

Pengembangan suatu rencana tentang tata letak, ruangan. pemilihan warna, rencana furnitur, dan beberapa dekorasi akan di bahas pada fase ini. Tahap ini lah yang merupakan fase yang mana setiap rancangan akan dibuat dalam sketsa dengan desain awal. Yang pasti nantinya anda akan mereview atau melakukan evaluasi untuk berbagai proses perbaikan dan perubahan yang dianggap kurang sesuai dengan apa yang diinginkan. Setelah proses ini sudah dirasa sesuai kemudian akan dilanjutkan ke fase selanjutnya.

Dokumen Konstruksi dan Administrasi

Fase yang ketiga adalah tentang dokumen konstruksi dan proses administrasi. Setelah perencanaan desain sudah pasti dan sesuai, sekarang saatnya proses dokumentasi. Fase ini bertujuan agar proses selanjutnya dapat berjalan mudah dengan adanya dokumen yang lengkap dan instruksi yang memang terbaik. Dokumentasi pada fase ini bisa diartikan sebagai rincian secara detail dari proyek desain rumah anda. Administrasi juga dilaksanakan pada tahap ini, karena bagaimana pun juga hal ini menjadi hal terpenting dimana sesuatu tersebut berhubungan dengan biaya.

Konstruksi dan Instalasi

Pada fase ini anda akan melakukan konstruksi dan instalasi desain pada rumah. Desainer akan menjelaskan panduan secara berurutan agar tidak ada kesulitan dalam melaksanakannya. Tim konstruksi akan mengawasi seluruh pekerjaan instalasi dengan sebaik-baiknya. Sehingga anda tidak perlu khawatir tentang hasil akhirnya. Hasil akan sesuai dengan rencana awal desain anda.

Tahap Akhir

Dalam tahap ini akan dibahas tentang detai-detail yang sekiranya ingin ditambahkan pada desain interior rumah. Kita juga perlu memperhatikan tentang perawatan dan pemeliharaannya agar bisa bertahan lama. Setelah desain interior yang anda dambakan selesai, kini saatnya anda hanya tinggal menikmati hasilnya. Desain yang bagus bukan semata-mata tercipta begitu saja, melainkan harus ada strategi khusus dan proses yang harus dilaksanakan secara seksama.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates