Home / Blog / Cara Desain Rumah dengan Konsep Scandinavian yang Bersahaja
33 views

Cara Desain Rumah dengan Konsep Scandinavian yang Bersahaja

Mungkin anda belum mengetahui bahwa desain rumah dengan konsep Scandinavian banyak menuai pujian. Desain ini sangat layak untuk diperhitungkan bagi kita yang ingin memiliki rumah yang unik. Desain rumah Scandinavian telah meluas negara-negara Eropa Utara seperti Swedia, Denmark, Finlandia, dan Norwegia yang menawarkan konsep minimalis tetapi fungsionalitasnya tinggi. Tema ini mempunyai warna dominan putih yang bernuansa cerah dengan desain furniturnya halus tanpa banyak ornamen, detail sempurna dan bersahaja merupakan ciri khas utama dari rumah Scandinavian. Pencahayaannya yang alami dianggap sangat penting untuk melengkapi keindahan rumah ini. Banyak rumah dengan desain Scandinavian yang menggunakan warna pastel sederhana yang hampir tidak ada material dan ornamen lain. Berikut ini petunjuk untuk cara desain rumah dengan konsep Scandinavian yang perlu diperhatikan.

Cinta Alam

Warga Scandinavian mempunyai kesenangan akan alam yang sangat mengakar kuat dan mereka sebisa mungkin untuk mengambil kesempatan untuk berada di alam terbuka. Sehingga, ketika mendesain model rumah, mereka sangat menginginkan untuk memasukkan unsur-unsur alam di dalam rumah. Interiornya pun juga mencerminkan hal tersebut karena mereka menaruh banyak tanaman alami dengan furnitur yang berbahan kayu. Pada umumnya rumah Scandinavian memiliki semacam balkon yang berfungsi untuk sarana menikmati pemandangan alam.

Keserhanaan dan terkesan Bersahaja

Desain Scandinavian dan keunikan arsitektur terletak pada kesederhanaannya. Rumah ini tidak memiliki ornamen yang berlebihan dalam arti tidak ada detail yang tidak penting. Desainnya merupakan komposisi yang cukup sederhana dengan garis bersih, warna solid, dan bentuk standar melengkapi kesederhanaan yang dimiliki oleh rumah Scandinavian ini.

Konsep Rumah yang Terbuka

Udara dan cahaya alam sangatlah penting terutama pada musim dingin di wilayah Scandinavian karena akan menciptakan suasana kebahagiaan dan produktivitas para penghuninya. Maka dari itu, dinding yang berbahan kaca akan berjajar di sisi rumah untuk menangkap sinar matahari sebanyak-banyaknya. Selain itu jendela harus polos tanoa ada blind atau gorden yang menutupnya. Interior dengan warna putih dan terang baik lantai, dinding, langit-langit bahkan hampir semua komponen arsitektural lainnya memaksimalkan nuansa sinar cahaya alami. Tidak hanya itu saja, tata letak ruang yang terbuka menciptakan kesan lebih terang pada rumah ini. Walaupun tema Scandinavian menitikberatkan pada pencahayaan yang alami, tata lampu juga sangat penting untuk diperhatikan. Penggunaan lampu bisa menggunakan pilihan desain fixture lampu unik sebagai ornamennya.

Bahan Alami

Bahan alami seperti kayu digunakan sebagai interior yang secara fisik dan visual merupakan tekstur yang terkesan hangat dan berfungsi sebagai insulator alami. Apabila rumah menggunakan lantai kayu, tangga kayu, atau bahkan langit-langitnya pun berpanel kayu akan membuat ruangan terlihat lebih hangat.

Fungsional dan Nyaman

Sama halnya seperti eksterior rumahnya, interior pada rumah Scandinavian juga ditandai dengan konsep yang sederhana sehingga dirancang sedemikian rupa untuk menciptakan kehidupan yang fungsional dan tentunya juga nyaman. Trik dengan memanfaatkan setiap sudut ruang bawah tangga adalah contoh bagus untuk desain yang fungsional . Di bawah tangga bisa diletakkan tempat duduk built-in, dipan, atau penyimpanan built-in yang membuat tampilan berkesan lebih luas. Anda juga bisa memilih desain Scandinavian untuk apartemen anda. Dijamin cara ini akan menjadikan apartemen terkesan lebih nyaman dan hangat. Semuanya dirancang menurut efisiensi dan fungsinya agar tampil lebih lapang dan ornamen tidak terkesan boros. Cahaya alami yang masuk akan menambah kesejukan bila kita berada didalam ruangan tersebut.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates