Home / Blog / Mengenal Lebih Jauh Jenis Beton Precast dan Fungsinya
42 views

Mengenal Lebih Jauh Jenis Beton Precast dan Fungsinya

Beton precast atau yang juga dikenal dengan sebutan beton pracetak sudah cukup familiar di dalam bidang konstruksi. Beton precast itu sendiri adalah beton bertulang yang dibuat melalui pencetakan dengan beragam bentuk. Dalam pencetakan beton precast didasarkan pada standarisasi yang sudah ditentukan. Pembuatan beton precast biasa dilakukan di pabrik-pabrik khusus. Mengenai ketersediaannya, beton precast tersedia dalam beragam jenis. Tiap jenis beton precast mempunyai fungsi tersendiri.

Jenis Beton Precast

Untuk lebih mengenal apa itu beton precast, pada kesempatan kali ini kami akan bagikan beberapa jenis beton precast beserta fungsinya selengkapnya untuk anda.

RC U Ditch

Secara spesifik, beton precast ini berbentuk mirip huruf U. Hanya saja, untuk kepentingan lain ada pula yang dibentuk dengan model lain. U ditch merupakan beton bertulang yang sengaja dihadirkan secara umum berbentuk huruf U. Ditch itu sendiri berarti parit. Oleh karena itu, fungsi U ditch ialah untuk memenuhi kebutuhan saluran pengairan, drainase, got, dan lain sebagainya. Pada umumnya, jenis beton ini diberi penutup yang disebut cover U ditch. Mengenai harganya, U ditch ditawarkan dengan harga terjangkau sesuai dengan tipe dan ukurannya. Begitu pula untuk penutupnya. Harga cover U ditch juga terpisah dari jenis U ditch sendiri.

Kanstin Beton

Beton precast yang satu ini berperan penting sebagai penguat tepi jalan. Dimana beton ini dipasang pada paving blok. Jenis beton ini biasa diaplikasikan pada trotoar, jalan taman, boulevard, tepi badan jalan, separator, dan lain sebagainya. Kanstin ini berfungsi sebagai pembatas sekaligus meninggikan tingkat elevasi trotoar. Tak hanya itu, pemasangan kanstin juga dapat menambah nilai keindahan dan kerapihan trotoar jalan yang mengaplikasikannya.

Kanstin beton ini memiliki fungsi utama sebagai pengunci supaya susunan paving blok yang sudah dipasang tidak bergeser dari susunan instalasinya. Selain itu, penggunaan kanstin beton juga memudahkan dalam menerima sudut lurus dari naat. Kanstin beton ini terdiri dari berbagai jenis variasi format beserta ukuran. Tiap produksi beton memiliki wujud dan ukuran sendiri. Dengan begitu, variasi kanstin yang ditemukan di pasaran tidaklah sedikit.

RC Box Culvert

RC box culvert atau yang juga dikenal dengan istilah reinforced concrete ialah beton precast yang berbentuk kotak. Jenis beton ini juga bisa diartikan sebagai gorong-gorong berbentuk box. Jenis RC box culvert ini menggunakan struktur pembesian yang sistematis, terukur dan terencana. Ukuran box culvert ini dimulai dari 40 x 40 x 100 cm hingga 4 meter. Secara spesial, box culvert ini dibuat untuk kepentingan penyangga jembatan dan gorong-gorong berskala besar.

Pada dasarnya, pembuatan box culvert bisa dilakukan di lokasi proyek. Akan tetapi, pembuatannya hanya bisa dilakukan untuk proyek-proyek berskala besar. Sebut saja proyek pembuatan jalan tol untuk konstruksi trowongan. Mengenai kualitasnya, mutu beton untuk box culvet ini memakai beton berkebutuhan pratekan, yakni minimal memakai beton K350.

Road Barrier

Jenis beton precast lainnya ialah road barrier. Road barrier adalah salah satu jenis beton pracetak yang fungsinya sebagai pengaman atau pembatas jalan. Tak hanya itu, road barrier ini juga dimanfaatkan sebagai pembatas median jalan sementara. Sebagai salah satu jenis beton pracetak yang banyak digunakan, road barrier memiliki sifat movable. Dimana sifat road barrier tersebut berarti bisa dipindah sesuai dengan kebutuhan penggunaan. Dengan anda mengetahui apa saja jenis dan fungsi beton precast, anda bisa memanfaatkannya secara optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates