Home / Blog / Mengenal Vertical Garden sebagai Alternatif Taman untuk Lahan Terbatas
32 views

Mengenal Vertical Garden sebagai Alternatif Taman untuk Lahan Terbatas

Seiring dengan peningkatan jumlah penduduk yang ada di dunia ini, lahan terbuka pun semakin terbatas. Selain untuk pemukiman, lahan terbuka pun saat ini telah banyak dialihfungsikan untuk berbagai kepentingan manusia. Hal ini mengakibatkan area terbuka hijau pun semakin berkurang. Salah satu solusi untuk mengatasi keterbatasan lahan guna mendirikan taman adalah dengan konsep vertical garden.

Mengenal Vertical Garden sebagai Alternatif Taman untuk Lahan Terbatas

Mengenal Vertical Garden sebagai Alternatif Taman untuk Lahan Terbatas

Dengan menerapkan konsep dari vertical garden, maka kita tetap bisa menyediakan area untuk taman hijau meskipun di lahan yang terbatas. Berbagai jenis tanaman yang ada di taman tegak ini akan menyaring udara kotor dan menghasilkan oksigen untuk udara yang lebih segar. Selain itu, pengalihfungsian lahan terbuka pun bisa dilakukan tanpa menghalangi penyediaan taman hijau.

Pengertian Vertical Garden

Sebagaimana namanya, vertical garden merupakan taman yang tegak atau taman yang menjulang ke atas. Apabila pada umumya taman ditata langsung di atas permukaan tanah dan dilakukan secara horizontal, maka untuk konsep taman ini taman justru ditata ke atas. Taman tegak ini bisa diterapkan di mana saja asalkan terpapar oleh sinar matahari. Penerapan taman tegak ini pun telah banyak dilakukan untuk interior rumah, interior kantor, interior swalayan, tembok di tepi jalan, dan sebagainya.

Selain mampu memberikan nilai estetika yang lebih dari hijaunya tanaman dan warna-warni bunga, taman tegak mampu menghasilkan udara yang lebih segar. Oleh karena itu, taman tegak ini sangat cocok diterapkan untuk area yang padat dan gersang. Sebab, dengan adanya taman tegak ini, maka suasana di sekitarnya akan nampak lebih sejuk, nyaman, dan menyegarkan.

Jenis-Jenis Vertical Garden

Terdapat tiga macam taman tegak yang telah banyak diterapkan untuk menghiasi ataupun menyediakan area terbuka hijau. Adapun variasi vertical garden yang telah banyak diterapkan adalah sebagai berikut:

1. Taman tegak dari tanaman yang menjuntai ke bawah. Jenis taman tegak yang satu ini memanfaatkan jenis tanaman yang mampu tumbuh panjang, sehingga ketika diletakkan di atas, maka batang dan daunnya akan menjuntai hingga ke bawah. Untuk jenis ini, pot tanaman biasanya hanya diletakkan di atas bangunan. Alhasil, tanaman pun akan tumbuh menjuntai ke bawah dan menutupi area depan rumah.

2. Taman tegak dari pot-pot dinding. Konsep taman tegak yang satu ini menggunakan tanaman hias atau tanaman semak biasa yang tumbuhnya tidak sampai besar. Dinding yang digunakan biasanya telah dimodifikasi dan diberikan area seperti pot untuk media tumbuh tanaman. Dengan cara ini, maka tanaman nampak tumbuh di dinding secara vertical.

3. Taman tegak dari pot-pot gantung. Pot yang digunakan untuk medi tanaman bisa dibuatkan tali yang kemudian digantungkan di dekat dinding. Beberapa pot yang juga digantungkan bisa dirangkai dengan pot gantung lain, sehingga membentuk pola atau tatanan yang rapi dan unik. Adapun jenis tanaman yang digunakan bisa tanaman hias biasa, atau tanaman yang menjuntai ke bawah.

Tips untuk Menciptkan Vertical Garden untuk Memperindah Rumah

Jika Anda ingin mengaplikasikan konsep taman tegak untuk menghias rumah Anda, terdapat beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar hasilnya optimal, yaitu:

1. Pastikan bahwa taman tegak ini bisa memperindah tampilan rumah, bukan justru merusak tampilan rumah.
2. Pilih tanaman yang mudah dirawat dan tidak menimbulkan masalah kesehatan.
3. Sesuaikan desain vertical garden dengan desain rumah dan kemampuan Anda dalam mengelolanya.
4. Sesuaikan konsep vertical garden dengan anggaran yang Anda miliki.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates