Home / Contact / Pelebaran Perkerasan dan Bahu Jalan
558 views

Pelebaran Perkerasan dan Bahu Jalan

Gambar : Pelebaran Perkerasan dan Bahu Jalan

Gambar : Pelebaran Perkerasan dan Bahu Jalan

PEKERJAAN BAGIAN–BAGIAN PERKERASAN JALAN

Pembahasan pekerjaan bagian–bagian perkersan jalan ini di susun sesuai urutan dalam Dokumen Kontrak buku volume – 3 spesifikasi.

II.  PELEBARAN PERKERASAN

Yang dimaksud pekerjaan Pelebaran Perkerasan adalah pekerjaan menambah lebar jalur lalu – lintas, di mana pekerjaan Pelebaran Perkerasan yang dilakukan masih mempunyai sambungan dan perkerasan jalur lalu lintas yang ada. Pada pelebaran yang relatip kecil pelebaran pada dasarnya dilakukan pada satu sisi. Hanya dalam kondisi khusus pelebaran dilaksanakan pada kedua sisi.

Baca : Jenis Aspal Beton atau Hotmix.

Jenis–jenis pekerjaan yang tercakup dalam Pelebaran Perkerasan diantaranya pekerjaan galian dan pembuangan tanah hasil galian, Urugan, pemotongan tepi perkerasan, penyiapan tanah dasar, pemasangan lapis pondasi serta pemasangan perkerasan aspal.
Bahan untuk pekerjaan Pelebaran Perkerasan adalah tanah urug, agregat kelas A, agregat kelas B, aspal untuk lapis resap pengikat dan campuran aspal.

1.  Hal–hal yang perlu diperhatikan pada pelaksanaan :

  1. Sebelum pekerjaan galian, dilakukan pengambilan contoh Tanah Dasar (pada elevasi yang direncanakan) pada bagian pelebaran untuk dilakukan pengujian laboratorium seperti yang dilakukan pada pekerjaan Penyiapan Tanah Dasar.
  2. Galian atau urugan pada bagian Pelebaran Perkerasan dilakukan sampai elevasi yang direncanakan. Tepi jalur lalu – lintas yang terpotong harus digali/dipotong sampai bahan yang keras dan stabil, material yang lepas pada perkerasan lama harus dibuang.
  3. Pemadatan tanah dasar harus segera dilakukan, kemudian dilakukan pengujian hasil pemadatan.
  4. Setelah kepadatan tanah dasar atau permukaan di mana lapis pondasi akan diletakan memenuhi syarat, dihampar lapisan pondasi dan lapis permukaan.
    Pada dasarnya pemakaian kembali bahan hasil galian tidak diperkenankan.
  5. Sequent 2 s/d 4 (sampai mencapai elevasi pada bagian pelebaran tidak terlalu berbeda dengan elevasi perkerasan jalur lalu – lintas disampingnya) sebaiknya dilakukan dalam 1 hari agar galian tidak terbuka terlalu lama sehingga tidak membahayakan lalu – lintas. Dengan demikian jadwal kerja dan volume harus direncanakan menurut kemampuan kerja yang ada.
  6. Pengaturan lalu – lintas dan pembuangan material hasil galian harus benar–benar diperhatikan agar tidak menggangu kelancaran lalu – lintas.

2.  Pengukuran Hasil Kerja dan Pembayaran

Tidak ada pembayaran tersendiri untuk pekerjaan ini, karena semua kegiatan dan material untuk pekerjaan ini akan tercakup pada mata pembayaran–mata pembayaran yang lain, yaitu seksi 3.3 untuk Penyiapan Tanah Dasar dan beberapa mata pembayaran bermacam–macam material yang dipergunakan dalam pekerjaan ini.

III.  BAHU JALAN

Pekerjaan ini merupakan pekerjaan membentuk bahu jalan sehingga mencapai elevasi dan kemiringan sesuai rancangan .
Pekerjaan Bahu Jalan mencakup jenis–jenis pekerjaan yang hampir sama dengan Pelebaran Perkerasan. Perbedaanya ialah pada rancangan ketebalan, bahan perkerasan lapis bahu jalan dan bahan yang dipergunakan untuk lapis permukaan (bila da dalam rancangan).

1.  Hal–hal yang perlu diperhatikan pada pelaksanaan:

Sama dengan pekerjaaan Pelebaran Perkerasan, kecuali dalam :

  1. Elevasi permukaan bahu jalan lebih rendah (maximum 1 cm) dari lapis permukaan jalur lalu – lintas.
  2. Kemiringan melintang bahu pada umumnya lebih besar dari kemiringan lapis permukaan jalur lalu – lintas.

2.  Pengukuran Hasil Kerja dan Pembayaran

Seperti halnya pada pekerjaan Pelebaran Perkerasan, untuk pekerjaan Bahu Jalan juga tidak ada pembayaran tersendiri, karena semua kegiatan dan material untuk pekerjaan ini akan tercakup pada mata pembayaran – mata pembayaran pada seksi–seksi lain.

Sumber : Sertifikasi Ahli Pelaksana Jalan/Ahli Pelaksana Jembatan (HPJI).

Baca Juga : Penyiapan Tanah Dasar (Subgrade).

2 comments

  1. I am always thought about this, thanks for putting up.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates