Home / Contact / Jenis-Jenis Besi Baja dan Kegunaan dalam Dunia Pembangunan
1,047 views

Jenis-Jenis Besi Baja dan Kegunaan dalam Dunia Pembangunan

Besi baja merupakan sebuah logam yang terbuat dari campuran besi dan karbon. Besi merupakan unsur dasar besi baja sedangkan karbon sendiri merupakan campuran utama yang dimiliki. Tujuan dari campuran tersebut yaitu membantu mengeraskan besi sehingga fungsi dari besi baja tersebut akan semakin meluas. Selain memiliki campuran dari karbon, besi baja memiliki campuran yang lain seperti krom, mangan, vanadium dan lain-lain.


Manfaat dari Besi Baja


Besi baja mempunyai tingkat durabilitas yang sangat baik sehingga memiliki banyak manfaat di dalam dunia pembangunan. Di dunia konstruksi, semakin tinggi ketahanan dari sebuah bahan akan semakin baik pula kualitas bahan tersebut. Hal itu bisa terjadi karena di dalam dunia pembangunan sebagian besar perlengkapan untuk bangunan akan berhadapan dengan air dan hal-hal lain yang dapat meyebabkan korosi. Sehingga apabila sebuah bahan memiliki ketahanan yang baik maka bahan tersebut tentunya akan banyak dipakai. Kita telah mengetahui bahwa besi baja merupakan bahan yang kuat sehingga banyak yang memanfaatkan bahan ini dalam segala bidang. Berikut ini merupakan jenis-jenis besi baja dan kegunaannya.


Jenis-Jenis Besi Baja


Besi Beton

Seperti yang diketahui, beton memiliki batasan kecil untuk menahan beban ketika sudah menjadi sebuah bangunan. Karena pertahanannya yang kecil sehingga dibutuhkan besi beton. Dengan menggunakan besi beton, campuran akan mampu menahan beban lebih besar alhasil bangunan menjadi semakin kuat. Besi beton memiliki 2 jenis yang berbeda yaitu besi ulir dan besi polos. Keduannya memiliki kegunaan yang berbeda disesuaikan dengan pola pembuatan bangunan.

Pipa Besi

Sesuai dengan namanya, besi ini berbentuk berupa pipa. Jenis besi ini digunakan untuk menyalurkan beberapa bahan tambang yang mudah terbakar seperti minyak, gas, dan oli pada pabrik. Kegunaan dari besi pipa sangat penting di dalam dunia pebangunan terutama industri.

Besi Plat

Besi plat adalah jenis besi baja yang sering digunakan pada pembangunan perkakas. Perkakas yang bisa dibentuk mulai dari pembangunan sarana transportasi hingga perlengkapan pada rumah tangga. Jenis ini berbentuk sebuah lempengan sehingga mudah untuk membentuk perkakas.

Besi Baja untuk Pembangunan Gedung


Dalam pembangunan gedung pada umumnya juga memanfaatkan besi baja. Meskipun banyak gaya yang digunakan dalam pembangunannya, besi baja tidak bisa untuk ditinggalkan. Karena besi baja memiliki durabilitas yang sangat tinggi. Tidak hanya itu saja, bahan ini juga memiliki beberapa jenis yang memiliki tingkat kualitas yang berbeda-beda. Misalnya jenis besi baja yang digunakan untuk pembangunan gedung yaitu besi baja ringan yang mempunyai ketahanan tinggi tetapi bobotnya ringan. Sehingga besi jenis ini sering digunakan dalam pembangunan pada atap sebuah bangunan.

Pembangunan untuk Sarana Transpotrasi


Salah satu dari kegunaan besi baja dapat ditemukan di dalam pembangunan sarana untuk transportasi. Fasilitas umum di dunia transportasi yang dibangun dengan besi baja salah satunya pada rel kereta api. Rel kereta api pasti akan terkena panas dan hujan di setiap waktu, sehingga perlu bahan yang anti panas dan karat seperti besi baja dalam pembangunannya. Selain untuk pembangunan rel kereta api, besi baja juga digunakan untuk membangun jalan. Pembangunan jalan seringkali menggunakan beton sehingga rangka di dalam pembuatannya memerlukan besi baja tersebut. Jenis besi ini merupakan bahan rangka yang memiliki ketahanan yang sangat kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates