Home / Blog / Beginilah Cara Mengukur Volume Cor Beton Bertulang
160 views

Beginilah Cara Mengukur Volume Cor Beton Bertulang

Beton merupakan salah satu jenis material yang umum dipakai dalam dunia konstruksi. Memiliki karakteristik tegangan hancur tekan yang sangat tinggi, serta diimbangi tegangan hancur tarik rendah. Cor beton bertulang merupakan metode konstruksi bangunan yang terdiri dari campuran batu pecah atau kerikil, pasir serta pengikat. Semuanya dijadikan satu dengan air. Kerangka besi itulah yang dinamakan dengan tulang dalam material beton bertulang.

Ada banyak sekali sistem struktur yang menggunakan manfaat cor beton bertulang. Seperti dinding penahan tanah, bangunan, gedung, terowongan, proyek pembangunan jembatan, tangki saluran air. Dan masih banyak lagi bangunan lainnya yang menggunakan beton bertulang.

Fungsi Struktur Cor Beton Bertulang

Struktur dari beton bertulang mempunyai fungsi yang bisa dipakai dalam beberapa model konstruksi. Seperti kolom beton, balok beton, tulangan beton, sampai dengan plat beton. Di dalam beton bertulang bisa berupa besi ulir atau besi polos. Sementara untuk struktur plat beton yang memakai beton bertulang adalah struktur yang tipis. Berupa bidang dengan arah horizontal dan beban kerja yang berarah tegak lurus. Plat beton bertulang sendiri biasanya dipakai untuk bagian lantai bangunan juga lantai atap gedung.

Dalam sistem cor beton bertulang, balok beton berfungsi sebagai penahan tegangan tekan serta tegangan tarik yang diakibatkan oleh beban lentur dalam balok tersebut. Sifat beton tidak cukup menahan tegangan tarik. Membuat sistem beton bertulang ditambah dengan tulangan baja pada tegangan tarik yang bekerja. Disamping kebutuhan gaya lentur, pada sistem beton bertulang juga harus memperhatikan retak, kapasitas geser, defleksi serta panjang penyaluran yang harus sesuai dengan syaratnya.

Dalam beton bertulang biasanya berbentuk bujur sangkar, bulat atau persegi panjang. Posisi penulangan di dalam kolom beton bisa dilakukan dengan cara simetri atau mengelilingi pada setiap sisinya.

Cara Menghitung Volume Cor Beton Bertulang

Umumnya pekerjaan pengukuran volume dari cor beton bertulang dilakukan oleh surveyor dari perusahaan ready mix concrete. Sementara itu kita tinggal mengetahui hasilnya saja. Tetapi tidak ada salahnya bila pemilik proyek atau rumah mengetahui dari mana para surveyor mendapatkan nilai kubikasi dari beton bertulang yang telah dibuat. Dengan demikian, tentunya anda akan mempunyai controlling dari hasil penghitungan yang dilakukan. Hal ini juga bisa mengurangi hal yang tidak diinginkan. Ada beberapa hal penting yang diperhatikan sebelum melakukan pengukuran serta penghitungan volume dari beton bertulang.

Sebelum pengukuran dilakukan, sebaiknya semua pekerjaan pembersihan sudah selesai khususnya bagian balok dan plat. Jadi hasil pengukuran lebih akurat. Bekisting harus selesai minimal 90%, khususnya di bagian penutupan samping resplang dan pelat lantai.

Mengukur Volume Beton Bertulang

  • Terlebih dahulu ukur ketebalan plat lantai di bagian anyaman besi paling tinggi. Lalu lebihkan antara 1 hingga 2 cm dari anyaman besi.
  • Ukurlah luas bidang yang dipasang ke bekisting panjang serta lebarnya lalu dikalikan tebal plat lantai.
  • Dilanjutkan mengukur lebar dan tinggi dari balok. Lalu dikalikan panjang balok. Ukur tinggi balok mulai dari lantai sampai plat lantai. Ukur lebar balok di bagian dalam ruang balok. Hasil perhitungan ini dijumlahkan dan dimasukkan dalam kelompok volume balok.
  • Ukur volume resplang dengan cara yang sama dengan mengukur volume balok.
  • Bila pengukuran bidang pada bekisting sudah selesai, jumlahkan semua volume dari masing-masing bagian. Mulai dari plat lantai, balok dan juga resplang.
  • Lakukan pemeriksaan lalu akan didapatkan hasil yang diinginkan.

Ternyata cara mengukur volume cor beton bertulang tidaklah terlalu sulit. Tetapi anda hanya butuh ketelitian dalam melakukan proses pengukurannya.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates