Home / Blog / Sistem Monitoring Proyek Pembangunan Jembatan
69 views

Sistem Monitoring Proyek Pembangunan Jembatan

Jembatan merupakan sebuah konstruksi yang dibuat sebagai akses penghubung dua sisi jalan yang terputus karena jurang, aliran sungai, jalur kereta api dan lain sebagainya. Konstruksi jembatan dibuat supaya pejalan kaki atau pengendara kendaraan, serta kereta api bisa melintas dengan mudah. Dalam proses pembangunan jembatan ada berbagai jenis jembatan yang bervariasi. Mulai dari jenis desain sampai jenis material yang dipakai untuk pembangunan jembatan. Untuk itu, sistem monitoring proyek pembangunan jembatan diperlukan supaya jembatan yang dibuat bisa mempunyai konstruksi yang kuat dan berkualitas baik.

Proyek pembangunan jembatan yang dibangun bertujuan sebagai sarana transportasi yang berguna untuk menghubungkan pulau-pulau yang ada di Indonesia. Tentunya jembatan tersebut harus sempurna dan memiliki struktur konstruksi bangunan yang kuat supaya tidak ada permasalahan yang muncul.

Manfaat Monitoring Proyek Pembangunan Jembatan

Di dalam pembangunan sebuah jembatan penghubung sebagai salah satu sarana transportasi, seharusnya memakai sistem monitoring di dalam pembangunannya. Baik monitoring yang berfungsi untuk menganalisa tingkat kemiringan jembatan dan berbagai macam sistem monitoring lainnya.

Manfaat monitoring yang paling penting adalah untuk memantau keretakan di atas tanah. Supaya risiko terjadinya tanah amblas atau terbelah dapat terhindari. Sehingga nantinya tidak mengakibatkan kecelakaan saat jembatan sudah digunakan. Di dalam sistem monitoring, ini sangat diperlukan dalam pembuatan jembatan supaya sempurna. Sehingga pembangunannya bisa digunakan sebagai penghubung sarana transportasi.

Tujuan Monitoring Pembangunan Jembatan

Jembatan penghubung yang dibangun dengan perencanaan matang akan memakan waktu lama. Supaya nantinya jembatan bisa kuat untuk menahan beban kendaraan yang setiap hari melintas di atas jembatan tersebut. Tetapi kadang ada keretakan di beberapa bagian struktur jembatan yang dikarenakan faktor alam atau beban kendaraan berlebih.

Agar bisa mengetahui tingkat keamanan jembatan bisa dilakukan Structural Health Monitoring System. Tujuannya adalah memantau kekuatan struktur, mencatat beban yang terjadi atau gaya lendutan. Serta regangan pada jembatan dan juga untuk perawatan jembatan itu sendiri.

Cara Monitoring SHMS

Monitoring SHMS dapat dilakukan dengan berbagai cara. Yaitu loading test secara statis dan dinamis, mengukur getaran dari jembatan dan masih banyak lagi cara lainnya. SHMS loading test merupakan sebuah pengujian dengan metode pembebanan pada titik tengah jembatan. Metode statis adalah metode yang dilakukan dengan cara memberikan beban yang diam pada titik tengah jembatan. Lalu sensor bisa membaca gaya yang dihasilkan dari beban yang diam tersebut pada titik tengah jembatan.

Sementara itu untuk pembebanan yang menggunakan metode dinamis dilakukan dengan pengujian yang menggunakan beban kendaraan ke plat dengan tinggi 30 cm. Lalu roda kendaraan diturunkan secara perlahan dari plat yang nantinya akan menghantam pada jembatan. Pengujian beban yang dilakukan pada jembatan bisa menggunakan truk sebagai beban.

Sensor yang digunakan untuk melakukan pengujian loading test bisa dengan load cell, accelerometer, tilt dan juga strain gauges. Sementara itu, untuk mengukur getaran yang terjadi pada jembatan bisa memakai alat bernama vibration meter yang berguna dalam mengukur akselerasi, displacement dan velocity.

Nantinya vibration meter dihidupkan kemudian di setting supaya pembacaan lebih akurat. Ditempelkan pada probe vibration meter di jembatan yang akan diuji. Kemudian getaran yang dihasilkan dari kendaraan yang lewat pada jembatan itu langsung bisa terbaca pada layar vibration meter.

Dengan menerapkan SHMS pada proyek pembangunan jembatan, maka diharapkan jembatan bisa terpantau kekuatan strukturnya. Supaya tidak roboh dan bisa bertahan dari berbagai faktor alam seperti gempa bumi, angin kencang dan hujan deras.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates