Home / Blog / Karakteristik Arsitektur Futuristik yang Menarik
44 views

Karakteristik Arsitektur Futuristik yang Menarik

Banyak ide baru yang muncul untuk menciptakan inovasi dalam bidang arsitektur. Hal ini sangat wajar apabila kita menginginkan ide baru ataupun perubahan di masa kini. Sehingga tren arsitektur futuristik juga tidak bisa dipungkiri. Apalagi saat ini telah banyak teknologi yang berkembang semakin canggih. Tidak menutup kemungkinan jika bidang arsitektur akan mengimbanginya.

Arsitektur Futuristik ternyata sudah muncul sejak awal abad ke-20 di Italian yang dinobatkan sebagai bagian dari gerakan seni, Futurism pada tahun 1909. Gerakan ini pada awalnya ditemukan oleh seorang penyair yang bernama Filippo Tommaso Marinetti. Tidak hanya menginspirasi seniman yang lainnya seperti Umberto Boccioni dan Giacomo Bela, gerakan seni, Futurism tersebut ternyata juga menarik pandangan dari beberapa arsitek.

Futuristik mempunyai arti menuju atau mengarah ke masa depan. Oleh karena itu, konstruksi bangunan yang menggunakan konsep tersebut sangat menitikberatkan kecepatan dimana sangatlah penting di dalam kehidupan masyarakat masa kini. Hal yang paling menonjol adalah penggunaan teknologi akhirnya benar-benar menghapus ciri khas dari arsitek masa lalu.

Ciri Khas Arsitektur Futuristik

Kita bisa melihat bagian khas dari konsep arsitektur futuristik dengan kasat mata yaitu pemanfaatan produk menjadi salah satu bukti kemajuan teknologi. Suatu bangunan tidak lagi menggunakan unsur alam, ada sebagian tetapi porsi hanya sedikit. Material pokok yang digunakan adalah bahan seperti kaca, aluminium, dan baja. Tidak seperti gaya di masa lalu, karakteristik tren arsitektur futuristik lebih mengedepankan kesederhanaan yang justru bisa menjadi nilai tambah dalam konsep tersebut.

Gaya Bangunan Anti-Mainstrem

Tidak heran juga apabila desain yang sering muncul berupa sebuah ruangan yang simple, polos dan pemakaian kaca yang lebar. Walaupun demikian, tidak ada aturan baku yang mengharuskan seperti apa gaya arsitektur futuristik itu. Semua dibebaskan asalkan sesuai dengan gaya modern masa kini, sehingga bentuk yang kontroversial dan anti-mainstream tidaklah menjadi hal yang mustahil.

Bangunan dengan Gaya Arsitektur Futuristik

Jika kita melihat secara luas, banyak sekali bangunan yang bergaya arsitektur futuristik di dunia. Anda bisa menemukannya terutama di negara-negara maju seperti Dubai, Singapura, China, dan lain-lain. Contohnya pada Gardens by the Bay di Singapura.

Di Gardens by the Bay terdapat Supertree Grove yang berupa pohon-pohon raksasa yang mendominasi area dan menjadi ikon dari tempat tersebut. Dengan ketinggian sekitar 25 meter dan 50 meter, menjadikan pohon ini bisa digunakan sebagai kebun vertikal.

Seluruh permukaan batang pohon raksasa ditutupi dengan tumbuhan. Terdapat kantung-kantung yang berisi tanaman pakis, anggrek, tanaman yang merambat, dan juga tumbuhan bromeliad. Pohon raksasa ini telah dilengkapi dengan teknologi yang menyerupai fungsi ekologis layaknya pohon sungguhan.

Arsitektur Futuristik Rumah Pribadi

Pada bagian atas, terdapat sel photovoltalic yang memanfaatkan energi surya untuk menyaring dan memancarkan kembali sinar matahari yang akan digunakan tumbuhan. Supertress juga mampu menyerap dan menyimpan air hujan untuk digunakan sebagai irigasi.

Tidak sampai disitu saja, pohon tersebut ternyata juga mampu mengolah dan menyaring udara di sekitarnya, kemudian dilepaskan kembali dalam bentuk yang lebih murni. Bukan hanya bangunan bangunan skala besar dan bangunan pencakar langit, karakteristik arsitektur futuristik juga banyak digunakan pada desain rumah pribadi.

Meskipun tampilannya semakin berani dengan bentuk yang anti-mainsstream yang tidak wajar apabila digunakan di masa lalu, tampilan arsitektur futuristik ternyata tidak menghilangkan kesan homey pada sebuah hunian. Jadi anda dan keluarga akan tetap merasa nyaman apabila tinggal di rumah tersebut.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates