Home / Blog / Berbagai Jenis dan Struktur Perkerasan Jalan yang Perlu Anda Ketahui
104 views

Berbagai Jenis dan Struktur Perkerasan Jalan yang Perlu Anda Ketahui

Perkerasan jalan merupakan campuran agregat dengan bahan pengikat yang digunakan untuk menahan beban dari padatnya lalu lintas. Dengan adanya perkerasan jalan, maka jalan raya pada umumnya dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Jalan aspal pun tidak akan mudah atau cepat rusak, sehingga akan menekan biaya perawatan serta meminimalisir kecelakaan.

Berbagai Jenis dan Struktur Perkerasan Jalan yang Perlu Anda Ketahui

Pada dasarnya, perkerasan jalan terdiri atas beberapa jenis lapisan yang dari bawah ke atas sebagai berikut:

1. Lapisan sub grade atau tanah dasar;
2. Lapiasn subbase course atau pondasi bawah;
3. Lapisan base course atau pondasi atas;
4. Lapisan surface course atau permukaan.

Perkerasan Jalan Lentur

Sebagaimana perkerasan jalan pada umumnya, perkerasan lentur ini juga terdiri atas lapisan tanah dasar, lapisan pondasi bawah, lapisan pondasi atas, serta lapisan permukaan. Adapun perinciannya adalah sebagai berikut:

1. Lapisan Tanah Dasar

Lapisan ini berfungsi untuk menempatkan lapis perkerasan serta mendukung konstruksi perkerasan jalan di atasnya. Tanah yang digunakan dalam lapisan ini bisa dengan tanah asli atau dengan tanah urug, tanah yang distabilisasi, dan sebagainya.

2. Lapisan Pondasi Bawah

Lapisan pondasi bawah terletak di antara lapisan tanah dasar dan lapisan pondasi atas. Peran dari lapisan pondasi bawah adalah menyebarkan beban roda ke tanah dasar. Selain itu, lapisan ini juga berfungsi untuk lapos peresapan, pencegah naiknya partikel halus dari tanah dasar, dan pelindung lapisan tanah dasar.

3. Lapisan Pondasi Atas

Fungsi dari lapisan pondasi atas adalah untuk bantalan lapisan permukaan dan menahan gaya lintang dari beban roda, serta menyebarkannya ke lapisan yang ada di bawahnya. Bahan untuk lapisan ini harus kuat dan awet, sehingga mampu menahan beban dari roda kendaraan yang melintas.

4. Lapisan Permukaan

Bagian lapisan yang bersentuhan langsung dengan roda kendaraan adalah lapisan permukaan. Peran utama dari lapisan ini adalah menahan beban dan gesekan secara langsung, mencegah resapan air hujan, serta menyebarkan beban ke lapisan bawah.

Perkerasan Jalan Kaku

Perkerasan kaku merupakan salah satu perkerasan jalan yang menggunakan beton semen. Lapisan beton ini terdiri atas plat beton semen sebagai lapis pondasi dan lapis pondasi bawah. Sifat kaku dan elastisitas yang tinggi menyebabkan beban terdistribusi ke bidang tanah datar yang cukup luas. Hal ini menjadikan sebagian besar kapasitas perkerasan diperoleh dari plat beton. Berbeda dengan perkerasan lentur yang kekuatan perkerasannya diperoleh dari tebalnya lapis pondasi bawah, lapos pondasi, serta lapis penutup.

Lapis pondasi bawah yang ditempatkan di bawah plat beton dilakukan untuk menghindari terjadinya pumping, mengendalikan sistem drainase, kendali kembang-urut pada tanah dasar, serta menyediakan lantaikerjagua perkerjaan konstruksi. Kekuatan dari beton ini menjadi unsur yang paling penting dalam mengetahui kapasitas struktur dalam menanggung beban. Adapun beragamnya kekuatan tanah dasar dan pondasi tidk terlalu mempengaruhi kapasitas struktural pelaksanaan.

Perkerasan Jalan Komposit

Perkerasan komposit adalah gabungan antara konstruksi perkerasan lentur dengan perkerasan kaku. Dua jenis perkerasan ini dikombinasikan untuk memikul beban lalu lintas dengan kuat. Oleh karena itu, diperlukan persyaratan ketebalan perkerasan aspal. Hal ini dilakukan agar aspal memiliki kekakuan yang cukup, serta mampu mencegah retak refleksi dari perkerasan beton di bagian bawah.

Beberapa jenis dan struktur perkerasan jalan di atas merupakan beberapa yang seringkali digunakan dalam proyek pembangunan jalan. Dengan adanya berbagai jenis dan struktur perkerasan jalan, diharapkan jalanan akan aman, kuat, tahan lama, dan tidak menimbulkan kecelakaan.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates