Home / Blog / Material Serta Karakteristik Lapisan Perkerasan pada Jalan Tambang
162 views

Material Serta Karakteristik Lapisan Perkerasan pada Jalan Tambang

Perkerasan jalan bertujuan untuk meningkatkan kekuatan tanah dalam menopang beban kendaraan yang melintas di atasnya. Khusus pada daerah pertambangan, maka perkerasan jalan tambang sangat diperlukan agar kekuatan daya topang tanah lebih tinggi. Mengingat jenis kendaraan yang lalu lalang pada daerah tambang adalah kendaraan yang memuat alat berat ataupun memuat berbagai barang dengan beban yang sangat besar.

Material Serta Karakteristik Lapisan Perkerasan pada Jalan Tambang

Selain berbagai jenis kendaraan yang melintas, frekuensi lalu lalang di atas jalan tambang tentunya juga sangat tinggi. Mulai dari pengiriman bahan, kemudian pengiriman alat, operasional, sampai dengan pengangkutan hasil tambang, menjadikan frekuensi lalu lintas jalan tambang sangat tinggi. Oleh karena itu, perekerasan jalan untuk daerah tambang sangatlah penting untuk dilakukan.

Material Perkerasan Jalan Tambang

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi jalannya proses perkerasan, seperti mekanis bahan, kepadatan lalu lintas, daya dukung tanah, serta sifat fisik tanah. Material perekerasan juga menjadi salah satu hal yang paling penting. Yang dimaksud dengan material ini adalah material yang dibutuhkan dalam pelapisan permukaan sub grade. Material berdasarkan sifatnya dibedakan menjadi empat, yakni sebagai berikut:

1. Aspal

Aspal yang digunaan dalam pembangunan jalan raya umum, juga dibutuhkan dalam perkerasan jalan tambang. Komposisi dari aspal berupa bitumen dengan agregat yang dicampur, dihampar, dan dipadatkan pada temperatur yang tinggi sehingga akan mengalami perkerasan.

2. Beton Semen

Beton semen juga telah banyak digunakan dalam pembangunan jalan, baik untuk jalan langsung, maupun untuk pondasi dasar. Namun, pada jalan tambang, beton semen digunakan sebagai pondasi bagian bawah.

3. Material Berbutir

Material ini berbentuk kerikil yang ukurannya telah mengikuti baku mutu dari ASTM, AASHTO, NAASRA, atau SNI. Ukuran kerikil yang digunakan sebagai material harus memenuhi syarat, sehingga akan menghasilkan perkerasan yang berkualitas.

4. Material Terikat

Material terikat merupakan materi perkerasan yang dihasilkan melalui penambahan kapur,semen, atau zat cair lain yang menghasilkan bahan terikat. Ikatan antar butir dapat menghasilkan kekuatan tarikan yang lebih kuat, sehingga diharapkan dapat membantu menahan beban kendaraan.

Lapisan Perkerasan Jalan Tambang

Sebagaimana pada perkerasan umum, di daerah tambang terdapat tiga konstruksi lapisan utama, yakni lapisan lentur, perkerasan kaku, serta kombinasi lentur dan kaku. Adapun setiap jenis konstruksi memiliki 2 sampai 3 lapisan di atas tanah dasar. Lapisan tersebut yaitu lapisan Permukaan atau surface course, lapisan pondasi atas atau base course, dan lapisan Pondasi bawah atau sub base course.

Untuk perkerasan kaku, jenis susunan lapisan perkerasan memiliki fungsi yang berbeda dalam menerima beban dari atas. Adapun rancangannya telah diperhitungkan sesuai dengan kondisi lapisan tanah dasar, cuaca, faktor lingkungna, hingga lalu lintas.

Sedangkan, untuk lapisan perkerasan lentur, terdapat 3 lapisan yang terdapat di atas tanah dasar, yaitu lapis permukaan, pondasi atas, dan pondasi bawah. Ketiga lapis ini memiliki fungsi yang hampir sama, namun masing-masing harus memiliki karakteristik wajib. Adapun karakteristik yang wajib dipenuhi tersebut di antaranya:

1. Memiliki sifat elastisitas yang cukup tinggi, sehingga jalan terasa nyaman;
2. Menggunakan bahan pengikat yang berupa aspal;
3. Semua lapisan mampu menahan beban yang diterima dari atas;
4. Penyebaran tegangan tidak akan merusak tanah dasar;
5. Memiliki ketahanan maksimum 20 tahun;
6. Perawatan yang dilakukan secara berkala.

Dari berbagai hal mengenai perkerasan jalan tambang, hal yang paling dibutuhkan adalah penambahan material sederana yang mampu menjaga stabilitas tanah. Selain itu juga mempu meningkatkan daya dukung tanah hanya dalam waktu yang relatif singkat.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates