Home / Blog / Memahami Berbagai Penyebab Kerusakan Jalan Raya
62 views

Memahami Berbagai Penyebab Kerusakan Jalan Raya

Jalan raya merupakan salah satu infrastruktur yang sangat penting bagi suatu daerah ataupun negara. Dengan adanya infrastruktur yang baik, maka pelaksanaan perekonomian juga akan semakin baik dan lancar. Akhirnya infrastrktur pun berperan dalam memajukan perekonomian rakyat dan negara.

Memahami Berbagai Penyebab Kerusakan Jalan Raya

Sebagai pengguna jalan, tentu saja kita menginginkan jalan raya yang berkualitas, tidak mudah rusak serta aman untuk dilalui. Namun demikian, seringkali di suatu wilayah kita menemui jalan yang rusak, baik itu berlubang, retak, pecah, maupun ambles. Berbagai kerusakan ini pun seringkali menyebabkan kecelakaan yang merugikan pengendara dan masyarakat lain.

Berbagai penyebab kerusakan jalan raya di atas semaksimal mungkin harus bersama-sama dicegah. Perencanaan, perhitungan, pelaksanaan, serta perawatan secara berkala harus dilakukan dengan baik dan benar. Dengan ini, maka jalan raya akan berkualitas, tahan lama, dan aman untuk digunakan.

Berbagai Penyebab Kerusakan pada Jalan Raya

Berikut beberapa hal yang sering menjadi penyebab kerusakan pada jalan:

1. Sistem Drainase yang Tidak Baik

Salah satu unsur yang paling penting dalam pembangunan jalan raya adalah sistem drainase. Sistem drainase akan mengatur aliran dan pembuangan air, sehingga air yang jatuh dan mengalir di permukaan jalan akan langsung terbuang. Maka dari itu, jalan raya akan segera kering dan air tidak meresap ke jalan raya. Sebab, jika air tergenang, maka air dapat meresap ke dalam lapisan aspal hotmix. Peresapan air ini akan menyebabkan terlepasnya agregat jalan. Akhirnya jalan akan mudah rusak, baik itu berlubang, pecah, maupun ambles.

2. Kualitas Aspal Hotmix yang Rendah

Komposisi aspal hotmix yang digunakan dalam pengerasan jalan juga dapat mengakibatkan mudahnya kerusakan jalan. Pada umumnya, terdapat baku mutu untuk komposisi aspal hotmix agar jalan raya dapat tahan lama dan aman digunakan.

3. Lapisan Pondasi yang Tdak Padat

Dalam pembangunan jalan, terdapat lapisan lapis pondasi yang beragam. Untuk menghasilkan jalan yang berkualitas, tahan lama dan tidak mudah rusak, diperlukan pemadatan lapisan yang benar-benar padat. Sebab, hal ini akan berpengaruh terhadap lapisan yang ada di atasnya. Apabila lapisan pondasi tidak benar-benar padat, maka lapisan di atasnya akan mudah mengalami penurunan, atau kerusakan lainnya. Maka dari itu, diperlukan pemeriksaan kepadatan lapis pondasi agregat sebelum dilakukan pengaspalan yang lebih lanjut.

4. Kesalahan Perencanaan Tebal Perkerasan

Adanya kesalahan pada perencanaan tebal perkerasan jalan juga dapat menjadi salah satu penyebab kerusakan jalan raya. Untuk mencegah terjadinya hal ini, maka diperlukan pengambilan data yang baik dan benar, sesuai dengan yang dibutuhkan untuk perencanaan tebal perkerasan jalan.

5. Kelebihan Beban Kendaraan

Penyebab kerusakan jalan yang paling umum adalah adanya kelebihan beban kendaraan yang melintas. Truk, tronton, dan kendaraan berat lain yang membawa muatan terlalu berat mampu mengakibatkan kerusakan dini pada jalan. Hal ini disebabkan oleh adanya jalan dengan kualitas dan kemampuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Dinas Perhubungan telah membuat peraturan yang mengatur tentang berat kendaraan yang melintas di jalan raya sesuai dengan kapasitas dan tipe kendaraan.

6. Konstruksi Tanah yang Tidak Stabil

Meskipun perencanaan dan pelaksanaan pembangunan telah dilaksanakan sesuai dengan SOP dan baku mutu, namun konstruksi tanah di berbagai daerah bisa menyebabkan kerusakan jalan. Beberapa wilayah di Indonesia memiliki kondisi tanah dasar yang tidak stabil. Artinya, tanah dasar selalu mengalami pergerakan, sehingga sangat rawan menyebabkan kerusakan jalan raya. Oleh karena itu, diperlukan penyelidikan teknis terhadap tanah dasar, sehingga dapat dilakukan penanganan teknis yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates