Home / Blog / Rekomendasi Bahan yang Digunakan Untuk Membuat Jembatan
531 views

Rekomendasi Bahan yang Digunakan Untuk Membuat Jembatan

Bahan yang digunakan untuk membuat jembatan adalah bahan berkualitas yang sudah melewati berbagai pertimbangan. Segi kualitas ini sudah menjadi hal wajib yang perlu diperhatikan. Mengingat fungsi jembatan sebagai alat yang menghubungkan dua jalan yang terpisah, bahan berkualitas tentunya mendukung kokohnya jembatan. Jembatan yang kuat dan kokoh bisa menjalankan fungsinya secara maksimal sehingga aman digunakan.

Bahan yang Digunakan Untuk Membuat Jembatan

Pada kesempatan kali ini, kami akan bagikan beberapa bahan yang digunakan untuk membuat jembatan selengkapnya.

Baja

Material baja termasuk bahan bangunan yang memiliki banyak keunggulan. Adapun salah satu keunggulan baja ialah memiliki biaya pemasangan yang rendah, jadwal konstruksinya lebih cepat dan menunjang keselamatan kerja saat melakukan pemasangan. Selain itu, baja juga menawarkan kapasitas untuk menahan beban berat yang memang dibutuhkan oleh jembatan. Perencanaan pembuatan jembatan juga harus memasukkan faktor arsitektur. Dalam hal ini, jembatan yang dibuat dari baja menawarkan banyak keuntungan jika dibandingkan dengan beton.

Bahan bangunan baja memiliki daya kuat tarik serta kuat tekan tinggi. Dengan begitu, bahan ini mampu memenuhi keperluan struktur. Disamping itu, baja bisa menghemat tenaga kerja. Hal ini dikarenakan baja diproduksi oleh pabrik di lapangan dengan menerapkan ereksi pemasangannya. Setelah selesai berfungsi selama masa layan, baja dapat dibongkar secara mudah dan dipindah ke tempat lain. Jembatan baja pun lebih mudah dalam diperbaiki akibat karat maupun hal lainnya yang mengakibatkan penurunan kekuatan struktur jembatan.

Untuk masalah keamanan struktur jembatan, baja memiliki kekuatan struktur yang sudah terbukti kuat. Selain itu, baja juga memiliki kualitas seragam dengan ketelitian ukuran tinggi. Dengan material baja, beban angin pada jembatan juga relatif lebih kecil. Baja juga memiliki tekstur yang keras. Oleh karena itu, meski sudah berada dalam titik leleh akibat beban jembatan, baja masih mampu kembali ke bentuk asalnya. Baja juga memungkinkan jembatan bisa memiliki penampilan yang lebih menarik.

Beton

Selain baja, bahan lain yang juga sangat direkomendasikan untuk membuat jembatan ialah beton. Dari segi keamanan, beton termasuk bahan konstruksi yang aman apabila dikaitkan dengan bahaya benturan atau impak, angin dan api. Hal ini berhubungan dengan karakternya yang memang berat dan kaku. Tanpa adanya perlakuan secara khusus, beton memiliki ketahanan akan suhu yang sangat tinggi namun tak akan kehilangan kemampuan integritas struktur yang dimilikinya.

Tak hanya itu, konstruksi beton bertulang mempunyai ketahanan yang tinggi akan bahaya angin. Jembatan yang dibangun dengan menggunakan beton bertulang yang dibuat melalui proses pengecoran di tempat atau cast in place bisa menahan angin dengan kecepatan hingga 200 mil per jam. Bahan beton terbukti bisa memenuhi kriteria yang diharapkan dalam memenuhi kebutuhan ketahanan akan beban gempa misalnya. Faktor desain lebih menentukan jika dibandingkan dengan faktor materialnya.

Komposit

Komposit adalah perpaduan dua bahan yang berbeda atau bisa juga sama. Material ini juga termasuk bahan yang digunakan untuk membuat jembatan. Berkat keunggulan dari tiap bahan, jembatan komposit bisa memiliki elemen struktur yang efisien. Dilihat dari fungsinya, jembatan yang berbahan komposit ini dibedakan menjadi berbagai tipe. Sebut saja jembatan jalan raya, jembatan penyeberangan, jembatan kereta api dan jembatan darurat. Sama halnya kedua bahan di atas, bahan ini juga memungkinkan jembatan bisa memiliki tampilan yang menarik. Selain beberapa bahan ini, sebenarnya masih ada banyak material lain yang digunakan dalam pembuatan jembatan.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates