Home / Blog / Pengertian Aspal Hotmix Beserta Fungsinya dalam Proyek Jalan
177 views

Pengertian Aspal Hotmix Beserta Fungsinya dalam Proyek Jalan

Dalam dunia konstruksi jalan, istilah aspal hotmix sudah tidak asing lagi. Selain itu, terdapat berbagai jenis aspal yang biasanya digunakan untuk membangun jalan raya, jalan tol, landasan penerbangan, dan lain sebagainya. Namun bagaimana pengertian dan fungsi aspal hotmix, belum banyak orang yang mengetahuinya.

Pengertian Aspal Hotmix Beserta Fungsinya dalam Proyek Jalan

Pengertian Aspal Hotmix atau Aspal Beton Beserta Fungsinya

Aspal Hotmix atau yang sering disebut dengan aspal beton adalah materi campuran untuk agregat halus, agregat kasar, dan bahan pengisi dengan bahan pengikat. Kesemua materi tersebut kemudian dicampurkan dalam kondisi suhu yang panas dengan komposisi yang telah diatur dan sesuai dengan kebutuhan proyek.

Di dalam proyek pembangunan jalan, terdapat berbagai jenis aspal  yang digunakan untuk pengaspalan, yaitu sebagai berikut:

a. Lapis Resap Pengikat atau Prime Coat

Lapis resap pengikat ini adalah lapisan ikat berupa aspal cair yang pada penggunaannya diletakkan di atas lapis pondasi Agregat kelas A. Jenis aspal yang satu ini umumnya dibuat dari Aspal yang melalui proses penetrasi 80/100, atau melalui penetrasi 60/70 yang di cairkan dengan menggunakan minyak tanah.Adapun volume yang digunakan untuk pengaplikasian berkisar antara 0,4 sampai dengan 1,3 L per meter persegi.

Penggunaan aspal resap pengikat ini difungsikan untuk memberikan daya ikat yang kuat antara lapis pondasi agregat dengan aspal hotmix. Selain itu, lapis resap pengikat ini juga berfungsi untuk mencegah lepasnya butiran pada lapis pondasi agregat apabila dilalui kendaraan sebelum Aspal Hotmix digunakan untuk melapisinya. Lapis ini juga berperan dalam menjaga agar lapis pondasi agregat tidak kemasukan air pada saat hujan, sehingga kerusakan pada struktur jalan dapat dicegah.

b. Lapis Perekat atau Track Coat

Lapis perekat atau yang disebut dengan tack coat adalah lapisan berupa aspal cair yang pengaplikasiannya diletakkan di atas lapis beton atau lapisan beraspal. Fungsi utama dari lapis perekat adalah untuk memberikan daya ikat antara lapis yang telah lama dengan lapis yang baru.

Bahan yang digunakan dalam lapis pengikat terdiri atas aspal emulsi yang bersifat cepat menyerap. Selain itu, bahan lapis ini bisa berupa aspal keras dengan penetrasi 80/100 atau dengan penetrasi 60/70 yang telah dicairkan dengan 25 bagian minyak tanah / 100 bagian aspal atau 30 bagian minyak tanah / 100 bagian Aspal. Sedangkan untuk pemakaiannya yakni berkisar antara 0,15 – 0,50 / meter persegi, dan lebih tipis dari pada volume lapis resap pengikat.

c. Aspal ACB atau Asphalt Concrete Base

Jenis aspal hotmix ini memiliki fungsi sebagai pondasi atau konstruksi jalan dengan lalu lintas yang berat. Ketebalan aspal ini minimal 5 cm.

d. Aspal Binder Course

Lapisan aspal ini terletak di bawah lapisan aus atau wearing course dan di atas lapisan pondasi atau base course. Meskipun tidak berhubungan langsung dengan cuaca, namun harus memiliki ketebalan yang cukup. Sebab, lapisan ini difungsikan untuk mengurangi tegangan akibat beban lalu lintas yang diteruskan ke lapisan bagian bawah. Ketebalan minimum lapisan ini adalah 4 cm.

e. Aspal Wearing Course

Wearing course ini sering digunakan untuk lapisan perkerasan yang paling atas atau permukaan jalan. Ketebalan minimun untuk lapisan ini adalah 4 cm.

f. Aspal HRS atau Hot Roller Sheet

Aspal hotmix ini digunakan untuk lapis permukaan dengan lalu lintas yang sedang. Adapun ketebalan lapisan ini adalah minimal 3 cm.

g. Aspal FG atau Fine Grade

FG merupakan jenis aspal yang biasanya digunakan untuk jalan perumahan dengan beban yang cukup rendah. Ketebalan minimum dari lapisan ini adalah 3 cm.

Aspal hotmix adalah jenis aspal yang paling banyak digunakan dalam proyek pembangunan jalan. Mulai dari jalan dengan beban yang berat, hingga beban yang rendah. Berbagai jenis aspal di atas digunakan dengan mengombinasikan beberapa jenis aspal untuk menghasilkan jalan yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates