Home / Blog / Mengetahui Manfaat Aspal Dicampur Dengan Karet
108 views

Mengetahui Manfaat Aspal Dicampur Dengan Karet

Aspal merupakan suatu campuran hidrokarbon alam yang amorf. Pada umumnya memiliki warna cokelat kehitaman. Kemudian juga terdapat kandungan sulfur, oksigen, serta flor pada jumlah yang tidak begitu banyak. Pada umumnya, aspal ini digunakan untuk bahan pelapis dari konstruksi jalan raya. Wujud aspal yang padat ini juga akan berubah menjadi cair pada saat dipanaskan.

Unsur yang ada dalam aspal ini terdiri dari karbon, belerang, hidrogen, oksigen, nitrogen dan ada kecil besi, nikel, serta vanadium. Untuk jenis senyawa itu juga kerap dikelompokkan sebagai asphalten pada senyawa yang mempunyai massa molekul yang kecil serta malten pada senyawa memiliki massa molekul yang besar.

Yang perlu anda ketahui yaitu manfaat aspal pada konstruksi perkerasan jalan. Karena, manfaat aspal disini adalah sebagai bahan pengikat yang memberi ikatan yang kuat pada aspal dengan agregat serta antara aspal tersebut. Tak hanya itu saja, aspal bisa dijadikan untuk bahan pengisi. Diantaranya untuk mengisi rongga dari butir-butir agregat serta dari pori-pori yang terdapat antara agregat yang lainnya.

Proses Penyampuran Aspal Karet

Aspal penetrasi 60/70 yang jumlahnya 96 gram bisa anda taruh ke dalam wadah untuk dipanasi. Selanjutnya, untuk aspal penetrasi 60/70 bisa dipanaskan sampau menjadi cair dalam suhu 160 derajat celcious sambil diaduk. Gunakan kecepatan sedang. Dan sesudah itu, karet yang jumlahnya kurang lebih 4 gram ini bisa dimasukkan pada beaker glass 50 ml untuk dipanaskan hingga akhirnya meleleh.

Dan sesudah karet menjadi cair, masukkan karet ke dalam cairan aspal tersebut. Dalam keadaan dipanaskan dan diaduk sampai homogen dengan suhu pencampuran tersebut tetap dijaga dalam suhu 160 derajat celcious. Lalu tiapp 10 menit anda dapat mengamayi kehomogenan campuran aspal dan juga bahan karet. Sesudah aspal dan karet yang dicampur itu sudah mencair, maka campuran aspal serta karet tersebut dimasukkan pada cetakan dan dalam sekali tuang. Supaya tidak ada lapisan pada aspal.

Manfaat Aspal Dicampur Karet

Dalam menciptakan permintaan komoditas karet dan saat harga karet yang menurun, salah satu solusinya yaitu dengan cara mencampur aspal dengan karet. Walaupun harganya mahal, namun kualitasnya lebih baik dari pada dengan aspal noncampuran. Manfaatnya juga lebih menguntungkan. Perlu anda ketahui, jika aspal karet alam ini bisa meningkatkan kualitas pengerasan aspal untuk masalah usia serta ketahanan pada air.

Dengan demikian, kualitas aspal yang sudah berpadu dengan karet bisa menjadi tahan lama dari pada dengan aspal yang biasa. Campuran dari aspal karet ini tujuannya untuk memperoleh campuran yang lebih lentur serta bisa kedap air. Apabila ini bisa dicapai, nantinya bisa menghasilkan lapisan pengerasan yang lebih tipis serta kedap. Dengan demikian dapat menutup retakan-retakan yang terdapat di bagian lapisan pondasi di bawahnya. Jadi, pengerasan tidak akan rentan pada air. Namun, ini harus diiringi dengan sistem drainase baik.

Aspal juga mempunyai elastisitas yang lebih tinggi. Sehingga, manfaat aspal ini bisa untuk meningkatkan ketahanan pada retak serta deformasi yang cocok diterapkan pada beban dari lalu lintas yang sedang. Campuran dari aspal karet alam ini manffaatnya juga bisa meningkatkan kualitas dari perkerasan aspal. Selain itu juga bisa memperpanjang usia dari layanan serta ketahanan.

Sedangkan untuk masalah kinerjanya juga bisa lebih unggul dari aspal biasa, sehingga baik sekali untuk pengaspalan jalan. Kinerjanya pun juga bisa menjadi lebih baik. Hal itu bisa dilihat dari masalah kelelehan, stabilitas, kekuatan pada kertas. Selain itu juga pada kekuatan alur yang dapat lebih dari 50 persen. Manfaat aspal yang dicampur karet ini sangat baik untuk konstruksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates