Home / Blog / Pengertian dan Keuntungan Konstruksi Perkerasan Paving Block
212 views

Pengertian dan Keuntungan Konstruksi Perkerasan Paving Block

Paving block adalah salah satu bahan bangunan yang telah menjadi alternatif yang bisa digunakan untuk bahan penutup permukaan tanah. Jika dilihat dari jenis material pembentuknya, maka yang dimaksud dengan paving block yaitu produk material bangunan dari campuran semen, lapis pondasi agregat halus, abu batu, agregat kasar dan air. Dengan karakteristik yang mendekati mortar. Lalu seperti apa keuntungan konstruksi perkerasan paving block?

Konstruksi perkerasan paving block sendiri terdiri atas lapisan subgrade atau tanah dasar yang telah dipadatkan. Kemudian lapisan pondasi sub base yang umumnya memakai material makadam atau limestone. Ini tergantung dari jenis tanah dasarnya. Pondasi base yang umumnya dipakai adalah material sirdam. Sementara untuk lapisan alas memakai abu batu dan tebal 5 cm, lalu paling atas lapisan paving block nya.

Aplikasi Perkerasan Paving Block

Biasanya dalam dunia konstruksi, paving block merupakan material yang sering disebut dengan bata beton atau concrete block. Bentuknya bervariasi dan biasanya bagus-bagus. Ada yang bentuknya segi lima, segi empat, segi enam dan mempunyai corak warna serta tekstur permukaan dan ukuran yang beragam. Proses pemasangannya juga bisa dipadukan dari berbagai bentuk dan warna supaya tampak semakin menarik.

Perkerasan paving block bisa diaplikasikan untuk halaman rumah, lahan parkir dari berbagai macam bangunan. Carport, taman, open yard yang ada di pelabuhan, atau area pergudangan, jalan lingkungan dan juga trotoar atau pedestrian.

Manfaat Dilakukannya Perkerasan Paving Block

Adapun beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari penggunaan paving block untuk jalan bila dibandingkan dengan konstruksi lainnya diantaranya adalah:

1. Harga yang lebih murah dengan biaya perawatan lebih hemat.

Paving block mempunyai harga yang relatif lebih murah, tergantung dari tipe kualitas dan juga modelnya. Disamping itu, paving block dengan kualitas baik umumnya dapat bertahan lebih dari 5 tahun. Sementara itu, asphalt akan mudah terkelupas bila tergenang air,  selain itu aspal dalam waktu 2 tahun telah berlubang.

Daya serap air tinggi

Paving block dianjurkan dipakai pada daerah perkotaan yang digunakan sebagai pengerasan lahan parkir. Pedestrian jalan di perumahan, area industri, halaman rumah dan tempat terbuka lainnya. Sebab paving block menjadi konstruksi yang memungkinkan 60% air hujan menyerap lewat celah di antara susunannya.

2. Proses pemasangan cepat dan mudah

Agar bisa melakukan pengamplasan atau betonisasi di bagian jalan anda harus mendatangkan alat berat dan membuat adukan dari berbagai material yang ada. Ini akan berbeda bila anda melakukan pengerasan dengan menggunakan paving block.

Pemasangan paving block tidak rumit dan sangat mudah dilakukan. Anda dapat mempelajari sendiri bagaimana cara memasang paving block. Tetapi bila anda ragu, memang sebaiknya anda menyewa jasa yang sudah profesional.

3. Perawatan mudah dan minim perbaikan

Bahan bangunan biasanya tidak bertahan sempurna ketika bahan tersebut berusia lebih dari 5 tahun. Jika suatu saat terjadi kerusakan, anda dapat dengan mudah melakukan penggantian. Anda cukup mengganti bagian yang rusak dengan yang masih utuh. Proses penggantian paving block bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

4. Lebih ringan tidak licin dan bernilai estetika tinggi

Memiliki berat yang lebih ringan bila dibandingkan dengan konstruksi jalan lainnya perkerasan paving block mempunyai kekesatan yang lebih baik. Sehingga kendaraan yang melintasinya akan mempunyai kemungkinan kecil terselip. Selain itu, ada banyak variasi dan warna yang bisa dipakai sesuai selera. Sehingga bisa menambah nilai keindahan dan estetika area pengerasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates