Home / Blog / Cara Mengatur Kamar Tidur yang Sempit agar Menjadi Lebih Nyaman
84 views

Cara Mengatur Kamar Tidur yang Sempit agar Menjadi Lebih Nyaman

Kamar tidur merupakan bagian dari rumah yang menjadi tempat untuk melakukan berbagai aktivitas pribadi seperti tidur, istirahat, mengerjakan tugas, mencari ide, dan sebagainya. Luas dari rumah akan mempengaruhi luas dari ruangan-ruangan yang ada di dalam rumah, termasuk kamar tidur. Seringkali karena keterbatasan tempat, kamar tidur memiliki luas yang sempit. Meskipun demikian, terdapat beberapa cara mengatur kamar tidur yang sempit agar menjadi semakin nyaman untuk digunakan.

 

Cara Mengatur Kamar Tidur yang Sempit agar Menjadi Lebih Nyaman

Bagi kebanyakan orang, memiliki kamar yang sempit sangatlah sulit untuk diatur atau ditata agar nyaman untuk digunakan. Penempatan berbagai perlengkapan, serta dekorasi yang tepat, seringkali menjadikan banyak orang kebingungan dalam mengatur kamar tidurnya yang sempit.

Cara Mengatur Kamar Tidur yang Sempit Agar Menjadi Lebih Nyaman

Berikut beberapa cara mengatur kamart tidur yang sempit agar bisa menjadi lebih nyaman untuk digunakan dalam melaksanakan berbagai aktivitas pribadi:

1. Menjadikan Tempat Tidur Sebagai Pusat

Salah satu cara mengatur kamar tidur yang sempit adalah dengan menjadikan tempat tidur yang merupakan perlengkapan terbesar menjadi pusat utama. Penempatan tempat tidur bisa di bagian tengah kamar atau bagian tepi salah satu sisi kamar.

2. Mengatur Pencahayaan

Pencahayaan di dalam kamar juga dapat mempengaruhi kondisi kamar tidur yang sempit. Dengan memaksimalkan pencahayaan di dalam kamar, Anda dapat menjadikan suasana dalam kamar menjadi lebih terang dan luas. Untuk memaksimalkan pencahayaan, Anda bisa mengurangi penggunaan tirai yang terlalu berlebihan, sehingga cahaya akan tersebar ke berbagai sudut kamar yang sempit.

3. Memberikan Warna yang Netral pada Dinding

Warna cat pada dinding juga dapat mempengaruhi suasana kamar. Kamar yang sempit akan sangat cocok jika dipadukan dengan dinding berwarna netral seperti putih, cream, cokelat, dan sebagainya. Dengan warna netral, maka kamar tidur yang sempit akan nampak luas. Anda juga bisa memadukannya dengan warna lantai kamar tidur, sehingga keduanya bisa berkombinasi tanpa menimbulkan perbedaan yang mencolok.

4. Memilih Warna yang Netral untuk Tempat Tidur

Sprei, selimut, serta bantal dan guling juga harus dipilih warna yang netral untuk mendukung warna dinding kamar tidur. Selain itu, Anda juga harus menghindari selimut atau sprei yang terlalu berjumbai, sebab justru akan meninmbulkan suasana kamar tidur menjadi lebih sempit.

5. Meletakkan Cermin Besar di Dalam Kamar

Meletakkan cermin besar di dalam salah satu dinding kamar tidur juga dapat menjadi salah satu cara mengatur kamar tidur agar terlihat lebih luas dan nyaman.

6. Menggunakan Furniture Tempel

Berbagai furnitur untuk menghiasi kamar dan merapikan perlengkapan yang ada di dalam kamar tidur juga harus diperhatikan. Untuk kamar tidur yang sempit, ada baiknya jika Anda menggunakan furnitur tempel atau furnitur gantung, sehingga kamar tidak terlihat semakin sempit.

7. Menjaga Kebersihan dan Kerapian Kamar Tidur

Hal yang paling penting dalam mengatur kamar tidur yang sempit atau kamar tidur pada umumnya adalah menjaga kebersihan dan kerapiannya. Selain menjaga kesehatan, kebersihan dan kerapian dapat menjadikan suasana kamar menjadi lebih luas dan nyaman untuk digunakan.

Beberapa Hal yang Harus Dihindari dalam Mengatur Kamar yang Sempit

Selain dengan menerapkan beberapa cara di atas, terdapat beberapa hal yang harus Anda hindari, yaitu:

1. Memasukkan berbagai perlengkapan yang tidak penting ke dalam kamar;
2. Memilih model tempat tidur yang terlalu besar;
3. Meminimalisir pencahayaan dalam kamar tidur;
4. Banyak memasang furnitur di dalam kamar tidur.

Beberapa cara mengatur kamar tidur yang sempit di atas dapat Anda gunakan untuk menjadikan kamar Anda yang sempit menjadi lebih nyaman untuk digunakan.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates