Home / Blog / Mengenal Desain Rumah Tradisional Adat Jawa Paling Bagus
45 views

Mengenal Desain Rumah Tradisional Adat Jawa Paling Bagus

Rumah tradisional Jawa, atau yang juga sering disebut dengan omah adat Jawa ini merupakan jenis bangunan rumah yang dihadirkan dengan berbagai macam rumah tradisional yang bisa dijumpai di pulau Jawa. Arsitektur yang ada dari rumah tradisional Jawa ini memiliki unsur seni yang sangat kuat yang ada pada bagian atapnya. Untuk jenis rumah tradisional Jawa juga mempunyai tata letak yang apabila diamati bisa mirip antara satu dengan yang lainnya. Namun, pada tiap bentuk atap rumahnya atau desain rumah tradisional adat Jawa ini pastinya juga disesuaikan dengan status sosial dan juga disesuaikan dengan ekonomi dari sang pemilik rumah tersebut.

Desain Rumah Tradisional Adat Jawa

Arsitektur tradisional yang ada dalam bangunan rumah Jawa juga sangat dipengaruhi dari arsitektur yang asalnya dari kolonial bangsa Belanda yang ada di negara Indonesia. Dan ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan arsitek di zaman sekarang ini. Berdasarkan struktur dari masyarakat Jawa serta tradisi yang ada pada umumnya, bangunan rumah tradisional Jawa juga dikelompokkan sesuai dengan dari bentuk atap. Misalnya saja seperti rumah tradisional dengan atap Kampung, Limasan, serta rumah tradisional atap Joglo.

1.Atap Rumah Kampung

Rumah ini pada umumnya digunakan untuk rumah rakyat yang biasa. Jika dilihat dari strukturnya, atap Kampung ini juga termasuk salah satu atap rumah yang terlihat paling sederhana. Atap puncak untuk jenis bangunan desain rumah Kampung ini menggunakan empat tiang tengah yang juga didukung dengan dua buah lapis tiang untuk dijadikan pengikat. Desain bangunan tradisional Jawa ini juga dilengkapi dengan tiang penyangga yang menjadikannya terlihat semakin khas.

2. Atap Rumah Limasan

Untuk desain rumah ini pada umumnya juga banyak digunakan oleh para penduduk yang dinilai memiliki status yang lebih tinggi. Perlu anda ketahui, jika jenis atap rumah limas ini termasuk salah satu jenis rumah yang biasa digunakan untuk setiap rumah adat Jawa. Untuk denah dasar dari 4 buah tiang rumah masih diperluas lagi dengan penambahan sepasang tiang yang ada di salah satu bagian ujung atap.

3. Atap Rumah Joglo

Atap Joglo ini juga termasuk salah satu bentuk atap yang dinilai paling rumit namun memiliki desain yang khas. Jenis atap ini juga banyak dikaitkan dengan hunian para bangsawan atau para keraton. Namun, untuk sekarang ini desain rumah tradisional adat Jawa seperti ini tidak lagi terbatas untu keluarga bangsawan saja. Namun, bisa dimiliki oleh siapa saja yang mempunyai biaya yang cukup untuk membangunnya. Karena, memang membangun rumah Joglo ini membutuhkan material bangunan yang jumlahnya lebih banyak dan memiliki harga yang lebih mahal.

Atap Joglo ini juga mempunyai ciri khas yang menjadikannya beda dengan jenis atap yang lainnya. Untuk bagian atap utama desainnya lebih curam. Sedangkan untuk bubungan atap ini juga tidak sepanjang dengan yang atap rumah Limasan. Untuk tupang sari dilengkapi dengan tiang berlapis. Tak hanya itu saja, apabila rumah Joglo mengalami kerusakan, untuk memperbaikinya juga tidak boleh merubah bentuk aslinya.

4. Pendopo

Pendopo ini termasuk paviliun yang lokasinya ada di bagian depan kompleks. Biasanya rumah yang didesain dengan atap pendopo ini digunakan sebagai tempat penerimaan tamu. Bisa juga digunakan untuk pertemuan sosial, maupun untuk pertunjukan ritual. Pendopo juga memakai atap joglo yang hanya ada pada kompleks rumah orang yang dipandang kaya. Desain rumah tradisional adat Jawa ini banyak digunakan di zaman yang modern seperti sekarang ini.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates