Home / Blog / Mengenal dan Memahami Konstruksi Jembatan Rangka Baja
410 views

Mengenal dan Memahami Konstruksi Jembatan Rangka Baja

Konstruksi jembatan rangka baja merupakan struktur jembatan yang terdiri atas rangkaian batang baja yang saling dihubungkan. Beban atau muatan yang ditahan oleh struktur rangkaian baja ini akan diuraikan dan dihantarkan kepada batang – batang baja yang menyusun struktur tersebut. Daya penahanan beban dalam struktur rangakian baja ini adalah sebagai gaya tekan dan tarik yang melalui titik-titik pertemuan batang atau titik buhul.

 

Mengenal dan Memahami Konstruksi Jembatan Rangka Baja

Sebagai salah satu jenis konstruksi jembatan, penggunaan rangka baja harus memperhatikan beberapa hal, di antaranya sebagai berikut:

1. Mutu serta dimensi pada tiap batang baja harus kuat untuk menahan gaya yang timbul. Batang baja yang digunakan sebagai struktur rangka jembatan harus dalam keadaan tidak rusak seperti bengkok, peyok, dan sebagaianya. Maka dari itu, selama masa pengangkutan, penyimpanan, serta pemasangan, batang-batang baja untuk jembatan harus benar-benar dijaga.

2. Pelat penyampung yang digunakan dalam konstruksi jembatan rangka baja, harus lebih besar dari pada barang yang disambung. Artinya, struktur pelat sambungan harus lebih kuat daripada struktur pada batang baja.

3. Bentuk pelat buhul yang akan digunakan dalam rangka baja jembatan harus disesuaikan dan direncanakan dengan baik. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya eksentrisitas gaya yang akan menimbulkan momen sekunder. Oleh karena itu, garis netral untuk tiap batang yang bertemu harus mengalami perpotongan pada satu titik.

Jenis-Jenis Konstruksi Jembatan Rangka Baja

Dalam penerapannya, jembatan rangka baja memiliki prinsip yang sama, baik pada cara perhitungan ataupun pada sistem penyambungannya. Namun, untuk keperluan standarisasi konstruksi jembatan rangka baja, maka beberapa produsen membuat desain standar dengan panjang bentang tertentu, profil batang tertentu, serta kualitas material yang digunakan.

Jenis-jenis jembatan rangka baja yang umum digunakan berdasarkan asal negara pembuatnya adalah Jembatan rangka Belanda, Jembatan rangka Australia, Jembatan rangka Jepang, dan Jembatan rangka Inggris. Seringkali, karena adanya standar panjang bentang jembatan yang berbeda-beda, maka muncul jembatan rangka kombinasi. Bahkan, ada juga jembatan rangka baja yang dapat digunakan untuk jembatan sementara atau untuk kebutuhan darurat. Jembatan darurat ini sering disebut sebagai jembatan Bailey.

Metode dalam Konstruksi Jembatan Rangka Baja

Untuk pengerjaan proyek konstruksi jembatan rangka baja, terdapat beberapa metode yang bisa digunakan, yakni sebagai berikut:

1. Pemasangan struktur rangka baja dengan memakai perencah;
2. Pemasangan struktur rangka baja dengan cara cantilever atau pemasangan konsol sepotong demi sepotong;
3. Pemasangan struktur rangka baja dengan cara peluncuran bentang tunggal maupun bentang lebih dari satu;
4. Kombinasi metode pemasangan struktur rangka baja di atas.

Adapun pemilihan metode pemasangan struktur rangka jembatan baja ini harus dengan mempertimbangkan beberapa hal sebagai berikut:

1. Keadaan lingkungan sekitar sungai yang akan dibangun jembatan. Kondisi lingkungan tersebut di antaranya lebar, sempit, dalam, dangkal, kekuatan arus, struktur sungai, kontour sungai, dan jenis tanah.
2. Kondisi di daerah sekitar dan jalan yang menyambung ke jembatan. Beberapa hal yang harus diperhatikan di antaranya lurus, rata, miring, berbelok, tinggi, rendah, berbeda pada dasar suatu galian, atau di atas timbunan.
3. Ketersediaan material, peralatan dan alat berat, serta tenaga kerja di sekitar lokasi jembatan. Hal ini berkaitan dengan pengadaan berbagai hal tersebut.
4. Total bentang jembatan rangka baja yang akan dipasang pada daerah tersebut.
5. Cara untuk mencapai lokasi pembangunan konstruksi jembatan rangka baja, baik untuk pekerja, maupun peralatan dan bahan bangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates