Home / Blog / Keunggulan dan Kelemahan Genteng Aspal Bitumen
362 views

Keunggulan dan Kelemahan Genteng Aspal Bitumen

 

Genteng aspal merupakan salah satu jenis penutup atap yang telah mulai digemari oleh banyak orang dalam membangun rumah impiannya. Kehadiran genteng aspal menjadi inovasi terbaru dalam dunia konstruksi bangunan. Jenis genteng ini dianggap sebagai solusi terbaik untuk menutup atap rumah karena beberapa keunggulannya.

 

Keunggulan dan Kelemahan Genteng Aspal Bitumen

 

Selain itu, diproduksinya genteng aspal juga merupakan terobosan baru yang mendukung penggunaan rangka atap baja ringan yang saat ini juga tengah banyak dipilih oleh pengembang maupun orang yang ingin mendirikan rumah impiannya.

Penggunaan rangka baja ringan semakin banyak digemari karena dianggap mampu menggantikan peran rangka atap kayu yang mudah lapuk oleh berbagai faktor. Dengan menggunakan rangka atap baja ringan, maka rangka atap akan semakin kuat, tahan lama, dan dengan biaya yang cukup terjangkau pula.

Sebenarnya, genteng aspal merupakan hasil karya Amerika Serikat pada tahun 1904. Genteng ini diproduksi dari serat kayu atau selulosa dan aspal yang kemudian diproses dengan suhu yang tinggi, sehingga bisa diperoleh genteng aspal dengan kualitas yang terbaik.

Genteng Aspal Bitumen

Penggunaan jenis genteng ini kemudian semakin banyak digemari dan banyak diproduksi oleh negara-negara lain. Salah satu produk genteng aspal yang banyak digunakan di Indonesia adalah Genteng Aspal Bitumen. Meskipun sangat cocok dipadukan dengan rangka atap baja ringan, namun genteng aspal ini juga sangat baik digunakan untuk rangka atap dari kayu maupun beton.

Selain kuat, genteng aspal Bitumen ini diproduksi dengan berbagai varian warna yang sangat menarik untuk menghiasi atap rumah. Konsumen bisa memilih varian warna sesuai dengan desain rumah, cat rumah, atau konsep lain yang akan diterapkan pada rumah baru.

Keunggulan Genteng Aspal Bitumen

Beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh penggunaan genteng aspal Bitumen di antaranya sebagai berikut:

1. Genteng ini kuat, tahan air, serta tahan api. Bahkan, beberapa produk genteng aspal dinilai mampu menahan tekanan angin yang mencapai 96,5 km/jam.
2. Memiliki usia penggunaan yang cukup panjang, bahkan seringkali garansi yang diberikan cukuplah panjang.
3. Meskipun kuat, genteng aspal memiliki bobot yang ringan, lebih ringan dari genteng beton ataupun genteng keramik.
4. Menyediakan berbagai varian warna yang sangat menarik.
5. Memiliki desain yang sederhana dan menarik.
6. Mampu meredam suara, sehingga ketika hujan, suasana di dalam rumah tetap tenang.
7. Dapat disesuaikan untuk berbagai model atap rumah.
8. Mudah untuk dipasang, sehingga akan memakan waktu yang cukup singkat.

Beberapa keunggulan genteng aspal Bitumen ini menjadi alasan banyaknya pengguna genteng aspal untuk menutup atap rumah.

Kelemahan Genteng Aspal Bitumen

Selain dengan berbagai keunggulannya, terdapat beberapa kelemahan dari penggunaan genteng aspal Bitumen. Adapun beberapa kelemahan dari genteng aspal Bitumen antara lain sebagai berikut:
1. Memiliki harga yang cukup mahal, sehingga bisa memperbesar anggaran belanja.
2. Dalam proses pemasangannya, genteng aspal memerlukan tukang yang profesional, sebab tidak sembarangan tukang yang bisa memasang genteng jenis ini.
3. Dalam pemasangannya genteng aspal juga perlu dipasangi multipleks sebelum kemudian dipasang genteng aspal.
4. Dalam perawatannya pun, diperlukan tenaga yang sudah ahli. Jika tidak, maka justru dapat menimbulkan kerusakan lainnya.

Beberapa kelemahan dari penggunaan genteng aspal Bitumen tersebut merupakan beberapa hal teknisnya saja. Adapun keunggulan dan manfaat yang diberikan dalam penggunaannya jauh lebih banyak. Bagi Anda yang ingin membangun rumah baru Anda, genteng aspal Bitumen ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk penutup atap rumah Anda.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates