Home / Blog / Ide Desain Interior Rumah Kecil Agar Terlihat Luas dan Nyaman
73 views

Ide Desain Interior Rumah Kecil Agar Terlihat Luas dan Nyaman

Rumah kecil tak selalu terasa sesak. Justru sebaliknya, rumah kecil juga bisa terasa nyaman ditempati. Hal ini bisa anda rasakan apabila mampu menerapkan desain interior rumah kecil agar terlihat luas. Perlu diketahui, memang ada banyak inspirasi desain rumah yang berukuran kecil namun menampilkan kesan luas. Dengan mengaplikasikan ide desain ini, rumah tak hanya tampak luas dan nyaman saja, akan tetapi juga menarik.

Ide Desain Interior Rumah Kecil Agar Terlihat Luas

Pada kesempatan kali ini, kami akan bagikan beberapa inspirasi desain interior rumah kecil agar terlihat luas dan nyaman ditempati selengkapnya untuk anda.

Warna Dinding yang Cerah

Salah satu tips yang bisa anda lakukan untuk menampilkan kesan luas pada rumah kecil anda ialah menerapkan warna dinding yang cerah. Dalam hal ini, para ahli arsitektur dan designer interior sangat merekomendasikan cat yang berwarna putih. Bisa juga warna cerah lainnya untuk diterapkan pada ruangan ataupun rumah kecil. Dengan menggunakan warna cerah, rumah kecil bisa terasa lapang, terang dan segar.

Sebaliknya, menerapkan cat berwarna gelap akan menciptakan kesan rumah kecil yang terlihat lebih nyaman, akan tetapi rumah kecil tersebut akan terasa semakin kecil. Jauh dari kemampuan untuk memantulkan cahaya, cat yang berwarna gelap justru menyerap sumber pencahayaan yang datang. Hal ini menyebabkan rumah tampak suram.

Furniture Berukuran Besar

Selain mengaplikasikan warna cerah pada dinding, anda juga bisa menggunakan furniture yang besar agar interior rumah tampak luas. Misalnya, penggunaan furniture besar di ruang keluarga. Mengingat fungsi dari ruang keluarga adalah tempat bertemunya semua anggota keluarga, justru pemakaian furniture yang berukuran kecil akan terasa sia-sia. Hal ini dikarenakan tak bisa memenuhi kebutuhan fungsinya.

Dalam menata rumah kecil supaya tampak luas dan nyaman, anda harus memperhatikan keseimbangan penggunaan furniture yang ada di dalamnya beserta ukuran ruangnya. Apabila penggunaan sofa lengkap terkesan terlalu besar, anda bisa mengurangi jumlah sofa. Anda bisa menggantinya dengan penggunaan karpet lengkap dengan aksesoris berupa bantal sebagai tempat berkumpul keluarga tambahan tanpa perlu merubah fungsi ruangannya.

Langit-langit Rumah Tinggi

Kesan interior rumah yang lebih lapang dari ukuran sebenarnya juga bisa anda peroleh apabila desain untuk interior rumah berukuran kecil dirancang dengan cara meninggikan langit-langit rumah. Perlu diketahui, langit-langit rumah yang berukuran tinggi akan terkesan semakin luas lagi apabila dicat ataupun dilapisi wallpaper yang warnanya lebih ringan jika dibandingkan dengan warna dinding. Tampilan yang memberi kesan menjulang ketika jatuh ke bawah bisa memberi resonansi dengan bentuk tipuan visual. Hal inilah yang membuat interior rumah sempit menjadi tampak lapang.

Cermin di Dinding

Memasang cermin di dinding juga bisa menciptakan kesan lapang. Pada interior rumah yang cukup sempit, anda bisa gantung beberapa cermin yang berukuran sedang bersebelahan. Anda bisa kreasikan bingkai cermin sehingga menjadi warna seragam. Hal ini bertujuan untuk mempercantik dekorasi ruangan sehingga menciptakan kesan ruangan yang tampak lebih luas dari ukuran sebenarnya.

Hindari Terlalu Banyak Sekat

Ide desain interior rumah kecil agar terlihat luas lainnya ialah menghindari penggunaan sekat ruangan yang terlalu banyak. Dalam desain arsitektur modern di era sekarang, hampir tak ada lagi designer yang memakai sistem sekat masif pada interior rumah yang kecil. Tak hanya akan semakin memberikan batasan ruang gerak yang memang sempit, dinding yang berfungsi sebagai pembatas juga bisa dibilang sangat kuno atau ketinggalan zaman.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates