Home / Blog / Mengenal Galvanis sebagai Material Rangka yang Kuat dan Tahan Lama
63 views

Mengenal Galvanis sebagai Material Rangka yang Kuat dan Tahan Lama

Galvanis merupakan salah satu material, khususnya jenis baja ringan yang telah banyak digunakan untuk kerangka baja dalam dunia konstruksi. Jenis baja ringan yang satu ini telah dilapisi dengan senyawa anti karat, sehingga sangat awet untuk material konstruksi. Selain galvanis, jenis baja ringan yang juga banyak digunakan dalam dunia konstruksi adalah galvalum.

Mengenal Galvanis sebagai Material Rangka yang Kuat dan Tahan Lama

Perbedaan dari galvanis dan galvalum sendiri hanya berada pada jenis anti karat yang melapisinya. Anti karat pada masing-masing jenis baja ringan tersebut memiliki sifat yang berbeda-beda, khususnya ketahanan terhadap air elektrolit serta air semen. Untuk lebih mengenal mengenai jenis baja ringan yang satu ini, berikut beberapa sifat yang dimiliki oleh baja ringan galvanis:

Bentuk Baja Ringan Galvanis

Pada umumnya, berbentuk tabung panjang dengan diameter yang bervariasi. Galvanis memiliki warna keperakan karena bahan anti karat yang melapisinya. Dalam penggunaannya, warna baja ringan ini dapat berubah menjadi lebih gelap, lebih terang, atau kusam.

Harga yang Cukup Terjangkau

Harga jual pipa besi baja galvanis relatif terjangkau. Pipa tahan karat ini umumnya dijual dengan harga sekitar Rp 160 ribu dengan ketebalan 2,6 mm dan panjang 6 meter. Terjangkaunya harga jenis baja ringna ini adalah karena proses pengerjaan galvanisasi yang cepat dan mudah, karena menggunakan mesin.

Tahan Karat

Sebagaimana yang telah dijelaskan di awal, jenis baja ringan ini merupakan baja ringan dengan lapisan anti karat yang cukup baik. Dengan ini, pipa baja ringan ini akan tahan terhadap berbagai kondisi lingkungan. Dalam penggunaannya pun baja ringan ini akan awet dan tahan lama. Biaya perawatan pun akan semakin hemat. Karena sifatnya yang tahan karat dan awet ini, pipa galvanis banyak digunakan untuk kerangka atap, tangga scaffolding, pagar rumah, serta railing tangga outdoor.

Daya Tahan yang Cukup Lama

Jenis baja ringan yang satu ini sangat awt untuk digunakan. Baja ringan ini bisa digunakan hingga lebih dari 25 tahun untuk penggunaan di daerah perkotaan. Sedangkan di daerah pedesaan mampu bertahan lebih dari 50 tahun. Oleh karena itu, anggaran yang dikeluarkan untuk perawatan dan perbaikan bisa ditekan. Hal ini juga akan lebih menguntungkan dalam pembangunan gedung atau bangunan yang besar. Anggaran biaya yang digunakan untuk perawatan dan perbaikan dapat diminimalisir. Berbeda dengan penggunaan bahan material lainnya yang terus memerlukan perawatan rutin.

Memiliki Kekuatan yang Cukup Baik

Selain awet dan tahan karat, jenis baja ringan ini juga memiliki kekuatan yang cukup baik. Material ini tidak akan mudah bengkok, peyok, ataupun pecah. Hal ini akan memudahkan dalam proses pengangkutan hingga proses perakitan.

Berbagai sifat dari galvanis di atas menjadikan jenis baja ringan yang satu ini banyak digunakan dalam dunia konstruksi. Sifat tahan karatnya sendiri berasal dari lapisan anti karat yang melapisinya. Pada galvalum, lapisan anti karat terdiri atas sebagian besar aluminium, zinc, dan tambahan silicon. Sedangkan, pada galvanis, zat anti karat yang digunakan adalah zinc dan aluminium. Kandungan zinc lebih dominan jika dibandingkan dengan aluminimum.

Meskipun dengan berbagai keunggulannya tersebut, penggunaan galvanis juga harus selalu dipantau. Dengan ini, maka apabila ada kerusakan, bisa segera dilakukan perawatan dan perbaikan, sehingga tidak akan menimbulkan kerusakan yang lebih parah dan membahayakan. Terlebih lagi, pada saat pembelian, harus dipastikan bahwa jenis baja ringan ini tidak mengalami kerusakan atau memiliki kecacatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates