Home / Blog / Memahami Beberapa Hal Sebelum Menggunakan Material Baja Ringan
16 views

Memahami Beberapa Hal Sebelum Menggunakan Material Baja Ringan

Dunia konstruksi terus mengalami pengembangan agar dapat menemukan berbagai hal yang lebih efisien dan menguntungkan. Salah satu material yang hasil pengembangan dan banyak digunakan adalah material baja ringan. Material ini mampu digunakan sebagai rangka atap yang kuat, kokoh, dan tahan lama.

 

Memahami Beberapa Hal Sebelum Menggunakan Material Baja Ringan

Jika dibandingkan dengan kayu, baja ringan dinilai jauh lebih unggul jika digunakan sebagai konstruksi rangka atap. Strukturnya yang kuat dan kompak dengan bobot yang ringan menjadikan material ini sangat cocok untuk konstruksi rangka atap.

Beberapa Hal yang Harus Dipahami Sebelum Menggunakan Baja Ringan

Jika Anda tertarik untuk menggunakan baja ringan, sebaiknya Anda memahami beberapa hal terkait dengan penggunaan baja ringan terlebih dahulu. Berikut beberapa hal yang harus Anda pahami sebelum menggunakan material baja ringan dalam kosntruksi atap rumah Anda:

1. Menyesuaikan Baja Ringan dengan Model Atap

Meskipun rangka baja ringan dapat menyesuaikan berbagai model atap. Namun pembentukan konstruksi rangka atap baja ringan harus disesuaikan dengan beban yang ditumpu. Dengan menyesuaikannya, maka Anda bisa menggunakan kerangka atap dari baja ringan dengan aman dan mendapatkan keuntungan lainnya. Untuk lebih aman dan detailnya, Anda bisa berkonsultasi pada arsitektur atau desainer kerangka baja ringan yang Anda percayai.

2. Menyesuaikan Baja Ringan dengan Jenis Penutup Atap

Selain menyesuaikan baja ringan dengan model atap, Anda juga harus menyesuaikannya degnan jenis penutup atap yang akan digunakan. Tidak berarti dengan menggunakan rangka baja ringan, berarti penutup atapnya juga harus terbuat dari logam. Anda bisa menggunakan penutup atap seperti genteng, keramik, beton, asbes, kaca, dan sebagainya. Masing-masing jenis penutup atap memiliki bobot dan bentuk yang berbeda-beda, sehingga harus disesuaikan dengan rangka baja ringan.

3. Memeriksa Kualitas Baja Ringan

Sebagaimana material bangunan lainnya, baja ringan juga memiliki rentang kualitas yang berbeda-beda. Kualitas dari baja ringan bisa Anda periksa dari nilai tegangan tarikannya. Material baja ringan yang telah cukup kuat untuk menopang berbagai jenis atap memiliki kekuatan 550 Mpa. Selain itu, Anda juga bisa melihat kualitas baja ringan dari SAE grade. Nilai SAE Grade yang menunjukkan bahwa kualitas baja ringan itu sudah cukup baik adalah minimal 980. Sebagai informasi, semakin kecil nilai tegangan baja ringan, maka tarikan baja ringan semakin rendah. Jika tarikan baja ringan rendah, maka kekuatan baja ringan dalam menopang bebagai jenis atap juga rendah atau lemah.

Cara lain untuk memeriksa kualitas baja ringan adalah dengan melihat lapisan anti karat. Pada umumnya, baja ringan yang dipasarkan adalah baja ringan berlapis zinc (galvanis) serta baja ringan berlapis aluminium zinc (galvalume). Untuk baja ringan galvanis ini, umumnya memiliki harga yang terjangkau dan tahan terhadap campuran semen. Tetapi, galvanis tidak tahan terhadap air garam. Adapun baja ringan galvalume memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap zat-zat korosif, namun tidak tahan terhadap semen.

4. Sistem Penguat pada Kerangka Baja Ringan

Baja ringan memiliki struktur yang lebih tipis dan lebih fleksibel jika dibandingkan dengan baja konvensional. Namun demikian, kekuatan baja ringan tetaplah kokoh untuk kerangka atap. Meskipun demikian, ketipisan dari baja ringan juga menyebabkan adanya risiko pelengkungan yang dapat mengakibatkan bangunan menjadi roboh. Hal ini dapat dikarenakan oleh pemasangan yang tidak tepat. Oleh karena itu, untuk menggunakan material baja ringan, Anda juga harus menyiapkan batang penyangga serta penguat baja ringan yang tepat. Untuk lebih amannya Anda bisa berkonsultasi dengan arsitektur atau desainer kerangka atap baja ringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates