Home / Blog / Material Furniture Dapur untuk Tampilan yang Elegan
29 views

Material Furniture Dapur untuk Tampilan yang Elegan

Dapur merupakan salah satu ruangan yang memegang peran penting di antara ruangan lain dalam suatu rumah. Di ruangan inilah, penghuni rumah dapat mengolah makanan untuk dihidangkan kepada keluarga ataupun tamu. Untuk itu, dapur harus bisa difungsikan dengan baik, mulai dari kelengkapan furniture, material furniture dapur, hingga tampilan di dalam dapur.

Material Furniture Dapur untuk Tampilan yang Elegan

Dengan kondisi dapur yang bersih, rapi, dan cantik, maka orang yang menggunakannya pun juga akan betah dan merasa nyaman. Berbagai aktivitas yang dilakukan di dapur pun dapat diselesaikan dengan baik. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah material furniture dapur yang akan digunakan. Material furniture haruslah memiliki kualitas yang baik, kuat dan tahan lama. Setelah itu, baru kita bisa memilih desain atau model yang sesuai dengan konsep yang telah kita siapkan untuk mendekorasi dapur.

Berbagai Material Furniture Dapur

Material yang digunakan untuk membuat furniture yang digunakan di dapur sangatlah beragam. Masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan yang berbeda-beda. Berikut beberapa material yang digunakan dalam membuat furniture untuk dapur:

Multiplek atau Plywood

Multiplek atau plywood adalah salah satu jenis kayu olahan yang memiliki kekuatan cukup baik. Bahan dasar multiplek atau plywood yaitu kulit kayu yang berlapis dan diproses melalui pengepress-an dengan tekanan yang tinggi.

Kelebihan dari Multiplek di antaranya adalah tekstur lapisan kayunya yang sangat rapat, sehingga memiliki daya tahan terhadap air yang baik, serta lebih kokoh. Dengan daya tahan terhadap air yang cukup baik, maka multiplek sangat cocok untuk material furniture, khususnya dapur basah.

Kekurangan dari Multiplek di antaranya adalah harganya yang cukup tinggi, sehingga furniture untuk dapur dengan bahan ini pasti memiliki harga yang mahal. Namun demikian, kualitas furniture yang menggunakan bahan ini tidak dapat diragukan lagi.

Blockboard

Material yang satu ini hampir sama dengan Multiplek, hanya saja terbuat dari potongan kayu yang disusun secara horizontal. Jenis kayu yang sering digunakan untuk bahan dasar Blockboard adalah Sengon Laut yang memiliki daya tahan terhadap air yang cukup baik.

Kelebihan dari Blockboard di antaranya adalah cukup tahan terhadap air, sehingga sangat cocok untuk pembuatan furniture. Jika dibandingkan dengan Multiplek, harga Blockboard relatif lebih murah. Anda bisa memilih furniture dengan material blockboard untuk mempercantik tampilan dapur Anda.Adapun kekurangan dari Blockboard adalah kekuatan dan keawetannya masih lebih rendah dari pada Multiplek

Material MDF

MDF merupakan singkatan dari Medium Density Fiberboard. Jenis material ini berbahan dasar kayu olahan dari serbuk kayu yang diress bertekanan tinggi. Material ini juga telah banyak digunakan untuk material furniture dapur.

Kelebihan material MDF adalah memiliki harga yang relatif lebih murah. Bahan ini juga memiliki permukaan yang lebih halus dari pada Multiplek dan Blockboard. Ketebalan bahan ini juga cukup bagus, lebih fleksibel, sehingga mudah ditekuk. Sedangkan kekurangan dari meterial ini adalah tidak tahan terhadap air. Meskipun banyak digunakan untuk material furniture dapur, namun dapurnya adalah dapur kering.

Material HPL

HPL adalah singkatan dari High Pressure Laminate. Bahan ini digunakan untuk melapisi berbagai furniture rumah. Material ini berbahan dasar resin dan decorative paper yang memberikan corak dan warna.

Kelebihan HPL adalah sangat praktis dalam penggunaannya serta memiliki variasi corak dan warna yang menawan. Dalam memilih furniture dapur untuk mempercantik tampilan dapur, maka Anda harus bisa memilih furniture dengan pelapis yang berkualitas. Untuk HPL ini, kualitasnya masih kalah dengan pelapis lain seperti duco yang hasilnya jauh lebih elegan dan menawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates