Home / Blog / 6 Keunggulan Penggunaan Atap Rangka Baja Ringan
19 views

6 Keunggulan Penggunaan Atap Rangka Baja Ringan

Penggunaan atap rangka baja ringan akan memberikan berbagai keunggulan untuk rumah. Pada umumnya, sebelum adanya material baja ringan, rangka untuk atap dibuat dari kayu saja. Namun demikian, seiring dengan perkembangan zaman, maka penggunaan baja ringan sebagai rangka atap semakin banyak digunakan.

6 Keunggulan Penggunaan Atap Rangka Baja Ringan

Baja ringan dianggap sebagai material pengganti kayu yang lebih unggul dari berbagai hal. Dari segi ketahanan dan kekuatan, penggunaan baja ringan jauh lebih baik dari pada penggunaan kayu. Selain itu, harga yang harus dikeluarkan untuk menggunakan baja ringan juga relatif murah.

Keunggulan Atap Rangka Baja Ringan

Bagi Anda yang ingin menggunakan material baja ringan sebagai rangka atap, berikut beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan:

1. Baja Ringan Memiliki Kekuatan Tegangan Tarik yang Tinggi

Meskipun dengan sifatnya yang ringan, rangka baja ringan mempunyai kekuatan tegangan tarik yang cukup tinggi, yakni sekitar 550 Mpa. Angka ini jauh lebih besar dari pada tegangan tarik pada baja konvensional, yakni sekitar 300 Mpa. Kekuatan tegangan tarik yang tinggi disebabkan oleh adanya sifat lentur yang mampu menyerap energi dalam jumlah yang besar.

Berbeda halnya dengan material kayu, yakni memiliki sifat lebih getas dan lebih cepat hancur. Kekuatan tegangan yang dimiliki oleh material baja ringan dapat menjaga kestabilan dan menahan keruntuhan bangunan.

2. Pemasangan yang Mudah dan Efisien

Selain ringan dan kuat, atap rangka baja ringan juga sangat mudah untuk dipasang. Kemudahan pemasangan baja ringan ini tentu saja akan menghemat waktu serta biaya pengerjaan. Atap rangka dengan bahan ini juga memiliki sistem sambungan yang tidak rumit. Penggunaan sekrup, keling, baut, ataupun las bisa dilakukan untuk menyambung baja ringan. Kemudahan pemasangan, kekuatan, serta bobotnya yang relatif ringan juga mampu memudahkan atap rangka ini mudah dirangkai dengan konstruksi lainnya.

3. Baja Ringan Sangat Mudah Dibentuk Mengikuti Model Atap

Selain kokoh, ringan, dan memiliki sistem sambungan yang tidak rumit, penggunaan baja ringan juga dapat memudahkan pembentukan atap rangka. Sebab, baja ringan ini dapat dibentuk menyesuaikan model atap. Namun demikian, pembentukan atap rangka harus disesuaiken dengan penumpuan pembebanan agar tetap aman dan tahan lama.

Guna lebih memastikan kekuatan pada atap rangka baja ringan, maka pada saat pemasanga, jarak antar batang baja ringan yang digunakan bisa dibuat menjadi semakin rapat. Kerenggangan maksimal antara batang baja ringan satu dengan baja ringan lainnya adalah 150 cm.

4. Baja Ringan Tahan Terhadap Berbagai Kondisi Lingkungan

Keunggulan lain dari baja ringan tahan terhadap berbagai kondisi lingkungan seperti terik matahari dan hujan. Hal ini sangat berbeda dengan material kayu yang akan mudah lapuk apabila sering terpapar hujan dan panas matahari. Dengan ini, maka material baja ringan menjadi bahan yang sangat tepat untuk atap rangka.

5. Baja Ringan Merupakan Bahan yang Anti Karat

Material baja ringan juga memiliki sifat yang anti karat. Maka dari itu, atap rangka dari baja ringan akan sangat tahan lama meskipun terbuat dari logam. Jika menggunakan kayu, meskipun juga anti karat, namun kayu mudah dirusak oleh rayap dan serangga pengerat lainnya.

6. Baja Ringan Memiliki Ketahanan Jangka Panjang

Keunggulan utama dari atap rangka baja ringan adalah kualitas ketahanan yang sangat baik. Selain tahan terhadap berbagai kondisi lingkungan, baja ringan juga tidak akan mudah mengalami pemuaian ataupun penyusutan karena perubahan cuaca.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates