Home / Blog / Jenis-Jenis Bahan Bangunan yang Digunakan dalam Konstruksi
154 views

Jenis-Jenis Bahan Bangunan yang Digunakan dalam Konstruksi


Sebelum kita merancang konstruksi dalam sebuah bangunan, sebaiknya kita harus mengetahui mengenai bahan bangunan apa saja yang digunakan dalam konstruksi. Bahan bangunan yang diperlukan tidak hanya merupakan bahan alami, tetapi bahan dari pabrik juga. Bahan bangunan alami antara lain adalah kaca dan kayu. Sedangkan bahan yang berasal dari pabrik yaitu seperti semen dan pipa. Semua bahan ini tentunya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Bagi anda yang ingin melakukan perencanaan untuk pembangunaan rumah, sebaiknya anda mengetahui tipe-tipe dari bahan bangunan tersebut. Setidaknya anda bisa mengetahui bahan apa saja yang cocok untuk desain rumah yang anda inginkan.

Bahan Bangunan yang Digunakan dalam Konstruksi

Batu Bata

Batu bata merupakan material bangunan terbuat dari tanah liat yang dibentuk dan dibakar sehingga memiliki warna kemerahan. Bahan ini dikenal sebagai bahan bangunan untuk menyusun sebuah dinding. Namun untuk saat ini penggunaan bahan ini mulai menurun karena adanya gipsum dan bambu yang cenderung memiliki harga yang lebih murah. Meskipun begitu, batu bata ini tetap menjadi bahan bangunan yang umum digunakan karena kualitasnya yang kokoh.

Batu

Batu merupakan jenis bahan bangunan yang paling mudah untuk ditemui. Banyak jenis batu yang bisa anda gunakan untuk bahan bangunan. Bahan ini memiliki struktur yang padat sehingga bisa memberi perlindungan secara menyeluruh pada komposisi bangunan. Untuk jenis batu yang sering digunakan yaitu jenis batu belah karena bisa saling mencengkram dengan kuat.

Kayu

Kayu adalah bahan bangunan yang sangat sering digunakan. Biasanya kayu digunakan sebagai penopang pada bagian atap sebuah ruangan.

Semen

Semen termasuk jenis bahan bangunan yang paling penting karena sebagai perekat. Tanpa semen bahan-bahan bangunan yang lain tidak akan bisa menyatu. Sehingga material ini juga digunakan dalam pembuatan fondasi agar menjadi kokoh. Semen memiliki 4 unsur pokok, antara lain batu kapur, tanah liat yang mengandung SiO2, Al2O3, dan Fe2O3, pasir besi, batu silikia apabila terdapat SiO2.

Metal

Bahan metal merupakan salah satu bahan bangunan yang paling kokoh. Metal umumnya digunakan untuk kerangka konstruksi bangunan besar dan juga pelapis pada permukaan gedung. Metal memiliki beberapa jenis sesuai dengan kegunaannya. contohnya saja baja, jenis ini merupakan campuran dari besi dan bahan lainnya yang cocok untuk struktur sebuah bangunan. Bahan metal yang lainnya adalah perak, emas, dan krom yang digunakan sebagai dekorasi dalam sebuah bangunan.

Pipa

Meskipun bukan termasuk bahan bangunan dalam pembentukan atap, fondasi, maupun dinding, namun pipa juga memiliki peranan penting dalam konstruksi. Pipa biasanya berfungsi sebagai penghubung antara saluran air dan juga saluran pembuangan yang terbentuk dari bahan yang sangat tahan dengan suhu yang berubah-ubah. Sehingga pipa dapat mengalirkan air dengan baik. Pipa sendiri pada umumnya terbuat dari bahan seperti carbon moly, stainless steel, carbon steel, PVC, dan chrome moly.


Kaca

Material ini terbentuk dari campuran silika dan pasir. Meskipun bahan bangunan ini mudah pecah, tetapi kaca sering digunakan sebagai pelapis ventilasi rumah-rumah. Semakin berkembangnya teknologi, bahan ini dapat menjelma menjadi sebuah tirai yang menutupi permukaan bangunan. Selain itu kaca juga berfungsi sebagai skylight yang dapat memberikan kesan keindahan pada pemandangan langit.

Besi beton

Besi beton berfungsi untuk kerangka pada konstruksi rumah atau bangunan. Ukuran besi beton sangatlah beragam mulai dari 10 mm sampai 12 m. Jenisnya juga ada yang memiliki permukaan polos,ulir, ataupun berbentuk kanal. Untuk dapat digunakan sebagai bahan bangunan, basi beton ini diisi adonan pasir dan semen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates